29 June 2022, 18:32 WIB

Kalah Pilkades, Inkumben Tutup Jalan Desa


Heri Susetyo |

SEORANG calon kepala desa di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur menutup akses jalan desa setelah kalah dalam Pilkades pada 19 Juni 2022. Calon kepala desa yang merupakan inkumben tersebut, membuntu jalan desa yang dulu sudah dia hibahkan untuk desa.

Penutupan jalan di RT 9 RW 01 Desa Jemundo Kabupaten Sidoarjo tersebut, terjadi pada Rabu 29/6) dan sempat viral setelah diunggah dalam media sosial. Sukardjo, calon kepala desa yang kalah, menyuruh sejumlah pekerja untuk menutup akses jalan desa tersebut. Sukardjo yang juga kepala desa inkumben, maju kembali dalam pilkades serentak 19 Juni lalu, namun kalah.

Dalam pilkades Desa Jemundo itu, ada tiga calon. Sukardjo yang merupakan calon nomor 1 dan merupakan inkumben meraih 1.682 suara, calon nomor 2 M Djayadi meraih 211 suara, dan calon nomor 3 Sugeng Santoso mendapatkan 2.216 suara.

Kecewa dengan kekalahannya, Sukardjo berusaha menutup akses jalan yang sudah dipaving itu. Tanah tersebut memang diklaim milik Sukardjo dan dihibahkan beberapa meter untuk dijadikan jalan.

Namun proses penutupan jalan tidak dilanjutkan, setelah pihak Forpimka datang ke lokasi dan mengajak pertemuan di balai desa. Sukardjo diminta menunjukkan surat kepemilikan tanah terlebih dulu sebelum ingin melanjutkan tindakan menutup jalan yang diklaim miliknya.  "Tadi disuruh Pak Kapolsek Taman untuk menghentikan penutupan," kata Nanda,35, salah satu warga.

Menurut Nanda, jalan tersebut rencananya akan dibangun tembok agar akses tertutup total. Menurutnya, akses jalan itu sebenarnya sudah lama ada dan selama ini tidak dipersoalkan. (OL-15)

BERITA TERKAIT