28 June 2022, 19:58 WIB

Jalan Penghubung Desa Rusak Parah, Pemkab Muba Janji Segera Diperbaiki


Dwi Apriani |

JALAN penghubung antar desa di Musi Banyuasin mengalami kerusakan parah. Kondisi jalan yang rusak ini terjadi di Desa Rukun Rahayu dan Desa Mekar Jaya, Kecamatan Jirak Jaya. Padahal jalan ini merupakan satu-satunya akses penghubung antar desa.

Pj Bupati Musi Banyuasin Apriyadi pun langsung turun ke lokasi jalan rusak terutama di dua titik yang sangat parah yakni Desa Rukun Rahayu dan Desa Mekar Jaya. Ia pun mendengar keluhan kerusakan jalan dari warga yang melintas di dua titik tersebut.

Bahkan, sesekali warga yang melintas meminta agar kerusakan jalan tersebut segera diperbaiki. "Kondisinya memang parah, apalagi ini menjadi satu-satunya jalan penghubung antar desa, oleh sebab itu langsung akan dieksekusi perbaikannya agar jangan menghambat aktivitas masyarakat
setempat," ucap dia, Rabu (28/6/2022).

Menurutnya, kondisi jalan rusak tersebut diperparah oleh kondisi kontur tanah yang labil. "Selain itu pula kalau cuaca hujan pasti akan memperparah kondisi jalan, tapi ini saya langsung minta Dinas PUPR Muba melakukan perbaikan segera," ungkap dia.

Sementara itu, Plt Kadis PUPR Muba Mirwan Susanto mengatakan meskipun saat ini jalan rusak tersebut akan diperbaiki sementara, namun perbaikan yang signifikan akan dianggarkan pada APBD Perubahan Tahun 2022 dengan kucuran dana sebesar Rp9 Miliar untuk perbaikan di sepanjang 2-3 kilometer jalan.

"Memang di segmen ini yakni di Desa Mekarjaya, Rukun Rahayu dan Desa Layan sangat parah kerusakannya, karenanya perbaikan yang signifikan akan dilakukan segera dan anggaran perbaikannya akan disiapkan pada APBD Perubahan TA 2022" jelasnya.

Camat Jirak Jaya, Yudi Suhendra mengaku kerusakan jalan tersebut diperparah karena kontur tanah yang labil. "Apalagi kalau musim hujan seperti saat ini, kondisi jalan kian bertambah rusak dan sangat sulit untuk dilintasi oleh warga," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Kopi Sumedang Mendapat Tempat di Turkiye

 

BERITA TERKAIT