27 June 2022, 18:50 WIB

KAI Divre III Palembang Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Libur Sekolah


Dwi Apriani |

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang, Sumsel menyiapkan 32.474 tiket untuk mengakomodir kebutuhan transportasi di masa liburan sekolah.

Kabag Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan layanan perjalanan kereta api selama masa libur sekolah dari 26 Juni sampai dengan tanggal 10 Juli 2022 memaksimalkan tiga kereta api yang beroperasi di wilayah Divre III Palembang. Diantaranya, KA Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP), KA Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang (PP) yang beroperasi setiap hari dan KA komersial Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP). "Untuk KA Sindang Marga sementara ini beroperasi setiap Kamis sampai Senin," ujar Aida.

Saat ini, tiket yang sudah terjual/dipesan sebanyak 12.703 tempat duduk atau 39 persen dari total yang tersedia. Tiket KA Bukit Serelo baik keberangkatan Kertapati maupun Lubuklinggau sudah terjual habis sampai Selasa (28/6), sedangkan KA Rajabasa tujuan Tanjungkarang tiket sudah terjual 100 persen sampai Rabu (29/6). "Calon penumpang kami harap bisa menyesuaikan dengan jadwal dan hari yang tersedia," bebernya.

Aida mengatakan dalam operasional perjalanan, KAI Divre III mengacu pada SE Kemenhub no.57 tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Pelanggan dengan vaksin ke-2 dan 3 (Booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19. Apabila masih vaksin pertama, wajib menunjukkan hasil negatif tes antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam," terangnya.

Sedangkan pelanggan usia di bawah 6 tahun, juga tidak wajib menunjukkan hasil negatif antigen dan PCR, tetapi wajib dengan pendampingan orang tua.

Aida menambahkan, KAI Divre III rutin melakukan evaluasi untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan. "Pada masa libur sekolah tersebut, diharapkan masyarakat dapat menjadikan kereta api sebagai pilihan saat melakukan bepergian karena lebih aman dan nyaman," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT