24 June 2022, 21:30 WIB

Sulsel Ingin Pariwisatanya Masuk Destinasi Super Prioritas


Lina Herlina |

SAAT ini, ada lima destinasi super prioritas di Indonesia yang dikembangkan Kementerian Parekraf, yaitu Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur, Danau Toba dan Likupang.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan Devo Khadafi menantang stakeholder yang tergabung dalam pentahelix tourism, untuk melahirkan destinasi super prioritas.

Baca juga: Kemenparekraf: Film Jadi Media Promo Pariwisata

"Tahun depan harus lebih bagus dari tahun ini. Kita harus pastikan, 2023 kita masuk dalam super prioritas," ujar Devo, Jumat (24/6).

Menurutnya, Sulawesi Selatan tidak kalah hebat dibandingkan 33 provinsi lainnya. Memiliki 24 kabupaten/kota, terdapat ratusan destinasi wisata di Sulawesi Selatan. Di antaranya, menjadi unggulan dan amat layak untuk menarik wisatawan.

Terbukti, kunjungan wisatawan tergolong tinggi, khususnya sebelum pandemi covid-19. Kini, sektor pariwisata di Sulawesi Selatan berangsur-angsur membaik. Wisatawan lokal berikut mancanegara juga kembali berkunjung ke Sulawesi Selatan.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Huntara untuk Korban Abrasi Minahasa Selatan

Destinasi yang cukup menyedot perhatian wisatawan, seperti Pantai Bira di Kabupaten Bulukumba, Air Terjun Bantimurung di Kabupaten Maros, Taman Nasional Taka Bonerate di Kabupaten Kepulauan Selayar dan sejumlah destinasi wisata budaya di Toraja.

"Untuk tahun ini, kita mendorong 5 kegiatan di KEN (Kharisma Event Nusantara). Kita usulkan 10, diterima cuma 5. Kita jadikan ini cambuk, motivasi agar lebih meningkat lagi ke depan," pungkas Devo.(OL-11)

BERITA TERKAIT