23 June 2022, 18:07 WIB

Kasus Covid-19 Di Tasikmalaya Terus Bertambah


Kristiadi | Nusantara

KASUS Covid-19 di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat dalam beberapa hari terus mengalami penambahan. Penambahan kasus didominasi warga yang baru melakukan perjalanan luar daerah.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Asep Hendra mengatakan terakhir terdapat dua orang terkonfirmasi positif Covid-19. Satu merupakan warga yang baru pulang  umrah dan satu lagi baru melakukan perjalanan luar daerah.

"Kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya masih bertambah tetapi tidak signifikan. Kami tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya lonjakan kasus," katanya, Kamis (23/6).

Ia mengatakan, dua pasien terpapar Covid-19 telah menjalani vaksinasi dosis lengkap dan salah satunya mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster). Keduanya mengalami gejala ringan sehingga tidak perlu menjalani perawatan di rumah sakit.

"Kami meminta bagi masyarakat harus selalu menerapkan protokol kesehatan ketat supaya penyebaran kasus Covid-19 tidak meningkat kembali dan bagi warga terutama yang belum melakukan vaksinasi dosis pertama, kedua dan ketiga (booster) diharapkan kesadarannya agar bisa meningkatkan ketahanan tubuh dari Covid-19," ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan kajian penyebaran subvarian omikron BA.4 dan BA.5 sekarang ini tidak jauh berbeda dengan varian omikron dan gejala penularan hampir sama dengan varian omikron. Karena, gejalanya tidak terlalu berat tetapi penularannya dinilai akan cepat namun bagi masyarakat harus selalu waspada jangan abai dalam protokol kesehatan (prokes).

"Kami mengimbau agar masyarakat sekarang harus tetap waspada dan menerapan protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi yang masih dilakukannya menjadi kunci utama supaya tak terpapar Covid-19. Namun, berdasarkan data untuk kasus yang terjadi tercatat ada enam orang dan seluruh pasien menjalani isolasi mandiri di rumah," paparnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT