23 June 2022, 17:48 WIB

Sumut Jajaki Peluang Kerja Sama Pariwisata Dengan Kamboja


Yoseph Pencawan |

KAMBOJA dan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Sumut) berpeluang menjalin kerja sama di bidang pariwisata. Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Afifi Lubis mengatakan telah mengadakan pertemuan dengan Wakil Menteri Pariwisata Kerajaan Kamboja Katoeu Mohammad Nossry, Rabu (22/6).

"Pertemuan itu dalam rangka penjajakan kerja sama pariwisata," ungkapnya, Kamis (23/6).

Afifi menerangkan, dalam pertemuan itu Katoeu Mohammad Nossry berharap Sumut bersedia menjalin kerja sama dengan negaranya di bidang pariwisata. Apalagi Indonesia sudah menandatangani nota kesepahaman kerja sama pariwisata dengan Kamboja yang diteken Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Salah satu yang diharapkan Kamboja dari kerja sama dengan Sumut yakni adanya pertukaran wisatawan antarkedua pihak. Program berikutnya adalah kerja sama Sister Province antara Sumut dengan Provinsi Sihanouk.

Katoeu mengatakan Kamboja memiliki satu juta penduduk muslim dengan ribuan masjid. Kamboja juga kini mempunyai restoran-restoran yang menyediakan makanan halal.

Untuk itu, lanjut Afidi, Katoeu mengatakan perlunya pembentukan kelompok kerja (working group) yang membahas lebih detil konsep rencana kerja sama ini. Menurut Afifi, secara prinsip Pemprov Sumut juga menginginkan seperti yang diharapkan Kamboja. Pemprov Sumut berharap dengan kerja sama ini semakin banyak turis asal Kamboja berkunjung ke provinsinya.

"Pariwisata merupakan salah satu sektor prioritas Sumut. Karena kami  mereka sangat terbuka menjalin kerja sama pariwisata dengan berbagai pihak, termasuk negara lain," jelasnya.

Sumut sendiri memiliki beragam destinasi wisata dan didukung dengan kondisi geografis yang lengkap, mulai dari wilayah pegunungan, laut hingga dataran rendah. Karena itu Pemprov Sumut sangat serius dengan pengembangan pariwisata di daerahnya terlebih sektor pariwisata merupakan sektor yang paling terkena imbas pandemi Covid-19. "Tanggung jawab Pemprov untuk mengembangkan potensi wisata di Sumut secara berkelanjutan," ujarnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT