22 June 2022, 17:15 WIB

356 Jemaah Calon Haji Banyumas Mulai Diberangkatkan


Liliek Dharmawan |

SEBANYAK 356 jemaah calon haji asal Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) mulai diberangkatkan. Ada tiga sesi pemberangkatan yakni pada Selasa (21/6) malam dan Rabu (22/6) pagi serta malam.

Calon jemaah haji Banyumas masuk dalam kloter 29. Dari 356 jemaah, 149 laki-laki dan 207 perempuan. Dari segi usia, rinciannya terdiri atas 299 jemaah berusia di bawah 50 tahun dan 57 jemaah berusia di atas 50 tahun.

Jemaah termuda dari kloter ini berusia 19 tahun, Muhammad Isa, yang berasal dari Petarangan, Kemranjen. Untuk jemaah tertua yakni Agus
Fatoni dari Rawalo.

Bupati Banyumas Achmad Husein yang memberangkatkan jemaah calon haji mengatakan turut merasakan kebahagiaan dari para jemaah yang sudah menunggu lama kesempatan ini dan akhirnya hari yang dinanti pun tiba. Mengingat masih dalam situasi pandemi, Bupati berpesan kepada para jamaah calon haji untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan menjaga kondisi fisik agar tetap fit selama menjalankan ibadah


Baca juga: Nelayan Situbondo Selamatkan 14 ABK KM Fajar Nusantara yang Tenggelam


"Saya berpesan untuk disiplin dalam mengatur waktu dan istirahat yang cukup, jangan memaksakan diri jika memang tidak fit. Satu yang sering diremehkan yaitu air minum. Perbanyak minum mengingat suhu pada musim haji kali ini dalam kondisi yang panas," pesannya.

Husein mewakili masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Banyumas turut mendoakan agar perjalanan para jamaah aman, lancar, tanpa rintangan yang berarti hingga tiba di tanah suci dengan hati yang bahagia dan dalam kondisi yang sehat dan selamat.

"Saya berdoa agar hatinya bahagia dan dapat melaksanakan seluruh rukun dan kewajiban serta sunnah haji yang lain dengan sabar, teliti, dan baik. Jangan hanya mencari dari banyaknya. Yang terpenting, yakinkan diri dan jalani dengan sabar, agar predikat mabrur dan mabruroh benar-benar diraih sampai akhir hayat," tambahnya. (S-2)

BERITA TERKAIT