22 June 2022, 16:08 WIB

Nelayan Situbondo Selamatkan 14 ABK KM Fajar Nusantara yang Tenggelam


Suyono Kasim (MGN), Yuchri Prabudi (SB) | Nusantara

KAPAL Motor (KM) Fajar Nusantara yang tenggelam di Perairan Pulau Sapudi, Sumenep, Madura, berhasil ditemukan. 14 anak buah kapal (ABK) diselamatkan nelayan asal Panarukan Situbondo Jawa Timur. Mereka akan dibawa ke Surabaya untuk selanjutnya menjalani pemulihan.

Kepala Satuan Polisi Air Polres Situbondo Ajun Komisaris Polisi (AKP) Hari Pambudi mengatakan, kapal tersebut tenggelam Selasa (21/6/2022) malam. Menurutnya, belasan ABK terombang-ambing dan tenggelam dari jam 21.00 WIB dan baru dapat pertolongan pada Rabu (22/6/2022) sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.

Baca juga: BPOM Semarang Musnahkan Ratusan Jenis Obat Ilegal

"KM Fajar Nusantara berlayar dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Pelabuhan Balikpapan tanggal 19 Juni 2022. Saat ini seluruh ABK dalam keadaan selamat dan diselamatkan oleh nelayan asal Panarukan Situbondo," kata Hari kepada wartawan.

ABK KM Fajar Nusantara Satria Kukuh Pratama mengatakan, kapalnya sempat terkena hantaman ombak besar sehingga akhirnya tenggelam. "Kita mau keluar Pulau Sapudi. Cuaca buruk, kita putar balik dan berlindung. Malah terkena ombak besar di situ dan tenggelam," ujar Satria di Situbondo.

Baca juga: Jadi Saksi Pengeroyokan, Audy Item: Suami Saya Pure Membela Diri

KM Fajar Nusantara membawa muatan seperti semen, besi, tepung terigu, minyak goreng dan air mineral. (Ypb/A-3)

BERITA TERKAIT