21 June 2022, 17:50 WIB

Pemko Pematangsiantar Dorong Pelaku Usaha Berdayakan UMKM dan Koperasi


Apul Iskandar |

DALAM rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Koperasi Tahun 2022, Dinas Koperasi, UKMK, dan Perdagangan Kota Pematangsiantar menggelar Lomba Tangkas Terampil Koperasi (LTTK) bagi siswa-siswi SMA/SMK/Sederajat se-Kota Pematangsiantar.

Plt Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani yang diwakili Kadis Pariwisata Kusdianto dalam sambutannya menyampaikan setelah lebih dari dua tahun pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Kota Pematangsiantar, tentunya berpengaruh pada kondisi sosial ekonomi masyarakat. Dampaknya bukan hanya pada kesehatan, tetapi kepada berbagai sektor perekonomian yang berkonsekuensi pada pemutusan hubungan kerja (PHK).

''Koperasi sebagai salah satu badan usaha pun turut merasakan dampaknya. Hal ini mendorong semua pelaku usaha untuk bangkit dengan meningkatkan kembali geliat ekonomi masyarakat dengan memperdayakan UMKM dan koperasi,'' kata Kusdianto di Hotel Sapadia, Jalan Diponegoro Pematangsiantar, Sumatra Utara, Selasa (21/6).

Untuk itu, Gerakan Memasyarakatkan Sadar Koperasi (Gemaskop), tambah Kusdianto, terus dilaksanakan salah satunya dengan mengadakan Lomba Tangkas Terampil Koperasi (LTTK). Hal ini sebagai upaya menumbuhkan minat generasi muda agar mengenal koperasi, dan pada akhirnya kelak menjadi pelaku usaha yang berbadan hukum koperasi.

''Kepada seluruh peserta, agar bertanding secara sportif. Bertarunglah sebagai generasi yang tangguh dan berdedikasi tinggi. Siapapun yang nanti menjadi pemenang mari kita terima dengan lapang dada. Seorang pemenang akan lahir melalui proses/latihan dan disiplin,'' ajaknya.

Dia menambahkan di dunia ini ada dua orang yang sulit dikalahkan, yakni orang sabar dan orang yang tidak mudah menyerah. ''Akhirnya saya ucapkan selamat berlomba dan tetaplah semangat!" ujarnya.(AP/OL-10)

BERITA TERKAIT