21 June 2022, 20:17 WIB

Dorong Pendapatan PKB, Sumut Bangun Kantor Samsat Di Labusel


Yoseph Pencawan |

PROVINSI Sumatera Utara (Sumut) terus mendorong peningkatan pendapatan daerah dari pajak kendaraan bermotor (PKB). Pembangnan kantor samsat permanen di Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) adalah salah satu upaya meningkatkan pendapatan daerah dari PKB.

Bupati Labusel, Edimin, mengatakan gedung Samsat permanen yang akan dibangun berada di Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Labusel di Desa Sosopan, Kecamatan Kota Pinang. "Pembangunan kantor Samsat ditarget selesai tahun ini dan awal tahun depan sudah bisa memberikan pelayanan," ujarnya seusai penyerahan sertifikat lahan kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Selasa (21/6).

Menurut Edimin, lahan yang digunakan untuk kantor Samsat ini merupakan lahan yang dihibahkan Pemkab Labusel. Adapun lahan yang dihibahkan seluas 5.000 meter persegi.

Menurut dia, pemberian hibah itu merupakan dukungan Pemkab Labusel untuk memudahkan Pemprov Sumut mendirikan kantor Samsat permanen di daerahnya. Selama ini pelayanan pembayaran pajak kendaraan di Labusel menggunakan bangunan sewa.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi optimistis kinerja pelayanan pajak kendaraan kepada masyarakat Labusel dan sekitarnya akan meningkat setelah pembangunan kantor Samsat ini beroperasi. Peningkatan kinerja pelayanan tentu akan mendongkrak penerima pajak kendaraan.

Pada 2021, Pemprov Sumut gagal mencapai target penerimaan PKB. Pemprov hanya menerima sekitar Rp2,18 triliun dari Rp2,3 triliun target yang dipatok.

Pada 13 Juni 2022 lalu Pemprov Sumut mulai menerapkan penggunaan QRIS sebagai salah satu sistem pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di provinsinya. Teknologi ini digunakan untuk mendorong sekitar 70% wajib pajak yang belum menunaikan kewajibannya. (OL-15)

BERITA TERKAIT