21 June 2022, 13:51 WIB

Ribuan Orang Masih Bertakziah ke Abu Lhok Nibong Di Aceh Timur


Amiruddin A.Reubee |

KEPULANGAN ulama besar Aceh ke rahmatullah, Teungku H Muhammad Daud bin Ahmad atau biasa dikenal dengan Abu Lhok Nibong, pada Minggu (18/6) sekitar pukul 07.30 Wib, suatu kehilangan luar biasa bagi masyarakat di bumi Serambi Mekkah dan sekitarnya.

Itu karena almarhum banyak melahirkan ulama muda dan hingga akhir hayat masih mengasuh ribuan santri di pesantrennya Darul Huda Desa Krueng Lingka Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Timur.

Kerinduan warga terhadap sang guru besar ahli Ilmu fiq Islam tersebut tampak dari puluhan ribu tamu bertakziah memenuhi kediaman almarhum di komplek pesantren Nurul Huda. Amatan mediaindonesia.com, hingga Selasa (21/6) atau hari ke tiga setelah wafat almarhum, tidak henti-henti siang malam puluhan ribu warga terus berdatangan.

Para tamu yang hadir itu dari berbagai kabupaten/kota di Aceh dan asal luar daerah. Setiba di lokasi pesantren mereka berzikir, samadiah dan berdoa secara berjemaah atau ada juga yang sendiri-sendiri.

Bahkan para tamu itu rela duduk di ruang terbuka atau berdoa pada tempat duduk seadanya. Lalu mereka juga menziarahi makan sang guru besar itu.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, DR H Iqbal Sag Mag, mengaku sangat kehilangan atas berpulangnya ke rahmatullah Teungku Muhammad Daud bin Ahmad yang akrab disapa Abu Lhok Nibong atau Abu Lueng Angen.

Dikatakan Iqbal, Abu Lhok Nibong adalah ulama yang sangat peduli terhadap persoalan ummat. Hingga usianya sudah senja beliau tidak tidak mengenal lelah pulang-pergi ke berbagai pelosok Aceh guna mengajar majelis taklim para ulama generasi sekarang.

"Insyaallah Abu Husnul khatimah dan keluarga yang di tinggal tabah serta tawakkal kepada Allah SWT." kata Kakanwil Kemenag Aceh Dr H Iqbal SAg MAg.

Penelusuran Media Indonesia, Teungku Muhammad Daud bin Ahmad lahir pada bulan Maret 1941 di Desa Meunasah Leubok, Lhok Nibong, Aceh Timur. Murid dari ulama besar Aceh Teungku Abdul Aziz bin Muhammad Saleh menimba ilmu di pesantren Mudi Mesra, Samalanga, Kabupaten Bireuen (dulu Aceh Utara).

Teungku Muhammad Daud anak bungsu tiga bersaudara dari pasangan suami Istri Teungku Ahmad bin Latif-ibunda Dhien. Seorang ulama fiq terkenal murid Abu Lhok Nibong yaitu Teungku Muhammad Ali bin Teungku Abdulmutahalib, pimpinan pesantren Bustanul Huda di Desa Cek Doi, Kecamatan Simpang Ulim, Aceh Timur.

Almarhum Abu Lhok Nibong, menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 07.30 Wib di ruang ICU Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin Banda Aceh,  Minggu 18 Juni 2022.

Amal bakti lelaki tua yang akrab dipanggil Abu Lueng Angen itu telah menyinari ummat muslim di Nusantara. Antara lain yaitu melahirkan banyak ulama muda yang kini menetap serta mengajar ilmu fiq islam atau lainnya di berbagai wilayah Aceh hingga Provinsi lainnya di Sumatra serta Pulau Jawa. Semoga Allah kuburnya menjadi kebun surga... Aamiin  (OL-13)

 

BERITA TERKAIT