20 June 2022, 23:52 WIB

Longsor Rusak Tembok Penahan Tanah, Akses Ciawitali-Selakuning Lumpuh


Depi Gunawan |

BENCANA longsor terjadi di Kampung Cikubang RT 01 RW 19 Desa Mandalasari, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, Senin (20/6), akibat dipicu hujan deras sejak siang.

Longsor merusak tembok penahan tanah (TPT) setinggi kurang lebih 5 meter dan lebar sekitar 2 meter hingga mengakibatkan akses jalan tertutup total oleh material tanah longsor dan pepohonan.

"Kejadiannya sekitar pukul 16.00 WIB ketika hujan deras sejak tadi siang," ucap Kasi Trantrib Kecamatan Cikalongwetan Pipin Irawan saat dihubungi.

Kendaraan, baik roda empat maupun roda dua tidak bisa melintas. Akses jalan kabupaten yang menghubungkan Ciawitali - Selakuning lumpuh total lantaran tertutup material tanah. Dia memastikan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini karena saat kejadian tidak ada pengguna kendaraan yang melintas. Selama akses jalan terputus, warga yang hendak melintas terpaksa harus memutar arah dengan jarak yang lebih jauh.

"Akses jalan tertutup total, jadi semua kendaraan tidak bisa melintas. Jadi sempat lumpuh karena motor maupun mobil sempat tidak bisa lewat," tuturnya.

Baca juga:  Tanah Longsor di Kota Depok Tewaskan Dua Guru

Agar akses jalan bisa segera dilalui, pihaknya bersama unsur relawan, kepolisian, Damkar Poswil Cikalongwetan, pihak desa dibantu warga berupaya menyingkirkan material tanah yang menutup badan jalan. Setelah pembersihan material longsor selama lebih satu jam, akses jalan akhirnya kembali dapat dilalui meskipun pengendara motor harus ekstra hati-hati karena jalan masih licin.

"Petugas Damkar menyemprot material lumpur di jalan supaya tidak membahayakan pengguna kendaraan yang melintas," imbuh Pipin.

Pihaknya sudah melaporkan peristiwa longsor tersebut kepada BPBD dan akan langsung ditindaklanjuti kepada pimpinan daerah agar segera ditangani sebab akses jalur Ciawitali - Selakuning cukup vital bagi masyarakat.

"Ini harus ada perbaikan TPT oleh Dinas PUTR upaya menghindari longsor susulan, mengingat hujan turun setiap hari. Serta jalur ini pun sering dilintasi masyarakat," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT