18 June 2022, 20:45 WIB

Babel Berharap Segera Dapat Vaksin PMK


Rendy Ferdiansyah |

DINAS Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Bangka Belitung (Babel) berharap secepatnya mendapatkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala bidang (kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Babel Judnaidy mengatakan hingga saat ini ada 2426 sapi terpapar PMK. Dari ribuan sapi tersebut, 2.108 ekor sapi sembuh dan yang masih sakit ada 233 ekor.

"Untuk sapi yang mati karena PMK ada penambahan dari 16 ekor jadi 17 ekor. Potong paksa juga dari 64 ekor menjadi Rp.68 ekor," kata Judnaidy, Sabtu (18/6).

Dirinya mengaku saat ini penanganan sapi agar tidak terpapar PMK memang lebih baik. Namun ada baiknya ada vaksin karena itu akan lebih melindungi sapi dari PMK.

Namun, saat ini vaksin PMK diperuntukan bagi daerah-daerah prioritas yang menjadi wabah PMK berdasarkan keputusan Kementerian Pertanian (Kementan). Ia menyebutkan untuk Babel sendiri masih menunggu arahan dan alokasi pusat.

"Intinya kita masih menunggu arahan pusat. Untuk kapannya kita belum bisa pastikan, tetapi kita harap secepatnya," ungkap dia.

Pihaknya menurut dia sudah mengusulkan meminta vaksin PMK sebanyak 15.000 dosis. "Target vaksin PMK yang kita usulkan ke Pusat sebanyak 15.000 dosis. Berapa dapatnya nanti kita serahkan ke pusat, tapi kita berharap dapat sesuai yang kita usulkan," ucap dia. (OL-15)

BERITA TERKAIT