15 June 2022, 07:30 WIB

Mahasiswa dan Dosen Unipa Indonesia Lakukan Donor Darah


Gabriel Langga |

PEMUDA Katolik Komisariat Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) memprakarsai kegiatan donor darah yang berlangsung, Selasa (14/6), di aula Nawacita, Kampus Unipa Indonesia. 

Para mahasiswa dan dosen Universitas Nusa Nipa Indonesia itu secara sukarela melakukan donor darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr TC Hillers Maumere.

Berdasarkan pantauan mediaindonesia.com, terlihat sejumlah mahasiswa dan dosen Unipa Indonesia sebagai calon pendonor darah  mengisi formulir pelayanan donor darah. 

Baca juga: Dugaan Korupi Dana Bencana BPBD Sikka Mengalir ke Satpol PP dan TNI/Polri

Selanjutnya, calon pendonor darah ditimbang berat badannya. Kemudian, mereka diperiksa kesehatan dan juga diperiksa tekanan darah oleh petugas kesehatan dari unit transfusi darah RSUD dokter TC Hillers Maumere. 

Setelah dianggap memenuhi syarat untuk donor, calon pendonor dipersilahkan menempati tempat pengambilan darah (Aftap).

Ketua Pemuda Katolik Kabupaten Sikka, Edwardus Bram Kopong mengatakan, berdasarkan hasil investigasi mereka, selama ini, pihak RSUD Dr TC Hillers Maumere mengalami kesulitan mencari darah demi memenuhi kebutuhan transfusi darah bagi pasien yang ada di rumah sakit tersebut.

"Ada persoalan yang dialami di rumah sakit milik pemerintah ini berkaitan dengan ketersediaan darah. Jumlah darah dengan jumlah permintaan pasien tidak sebanding. Permintaan darah tinggi akan tetapi ketersediaan darah di rumah sakit ini tidak mencukupi bahkan sampai stok darah mengalami kekosongan. Hal ini membuat kita prihatin," papar dia.

Untuk itu, pihaknya pun berkolaborasi dengan Kampus Unipa Indonesia menggelar donor darah secara sukarela di kampus Unipa Indonesia dengan sebagai pesertanya dari mahasiswa dan dosen dari kampus tersebut. 

Baginya, basis-basis akademik di kampus juga mempunyai tanggung jawab terhadap kemanusiaan di Kabupaten Sikka.

"Donor darah  untuk membantu saudara-saudara kita yang sakit yang memerlukan darah, juga menyehatkan bagi yang bersangkutan. Tujuan kita menggelar kegiatan ini untuk menjaga kesehatan, lebih peduli terhadap kondisi tubuh dan bakti kita pada masyarakat.Pujian Tuhan hari ini kita bisa melaksanakan gelar donor darah dengan berkolaborasi dengan pihak kampus. Saya harap mudah-mudahan dengan donor bisa menyelamatkan orang lain," katanya

Sementara itu, Rektor Unipa Indonesia Angelinus Vincentius mengaku bersyukur pihak kampus bisa berkolaborasi dengan Pemuda Katolik serta unit darah RSUD dr TC Hillers Maumere dalam kegiatan yang sangat mulia yaitu berupa donor darah secara sukarela.

"Saya bangga dan senang. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian sosial sesama yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen Unipa Indonesia," tutup dia. (OL-1) 

BERITA TERKAIT