14 June 2022, 20:30 WIB

Peringati Hari Donor Darah Sedunia, Sosialita Solo Berkebaya Sumbang Darah


Widjajadi |


SEJUMLAH sosialitas berkebaya nasional yang berkegiatan di hall Mall Paragon Solo pada Selasa (14/6), tidak hanya luwes dan anggun berlenggak lenggok di atas panggung. Mereka juga sigap  menyumbangkan darah bagi masyarakat yang sedang sakit dan membutuhkan tetes darah untuk kesembuhan.

Puluhan perempuan itu datang dari sejumlah komunitas, seperti Lions Club Putri Solo, Perempuan Pemimpin Indonesia (PPI), Solo Meta Care, Komunitas Kain dan Kebaya Indonesia. Mereka tampil dengan penuh senyum,  membaur dengan elemen masyarakat lain dan juga tentara, yang antre untuk diambil darahnya.

Kegiatan kemanusiaan itu mengambil momentum peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2022, yang digelar setiap 14 Juni. Di Kota Solo, kegiatan dipusatkan di Mall Paragon Solo, sebagai dukungan untuk kecukupan stok bagi PMI setempat, dalam melayani pasien di rumah sakit yang membutuhkan tranfusi.

"Hari ini, perempuan berbudaya peduli donor darah ikut merayakan Hari Donor Darah Sedunia di hall mall Paragon Solo yang megah, dan sekaligus mempromosikan cinta budaya Indonesia," ujar Ketua Panpel Perempuan Berbudaya Peduli Donor Darah, Endang Tri K Sukarso.

Selain kegiatan donor darah dan pamer keluwesan beekebaya di atas panggung, sejumlah sosialita itu juga menari tari beksan, yang menjadi bagian budaya adiluhung Jawa.

Kegiatan para ibu berkebaya untuk donor darah pada perayaan Hari Donor Darah Sedunia ini diapresiasi oleh mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

"Sangat bagus. Panjenengan tidak hanya luwes berkebaya nasional, tapi juga mendorong kesadaran warga akan pentingnya menjadi pendonor darah, yang mampu menyelamatkan pasien," ujar aktivis donor darah itu.

Kegiatan perempuan berbudaya peduli donor darah itu, berlangsung hingga pukul 12.00. Mereka mampu mendatangkan 400 orang yang siap menyumbangkan darah sehat. "Ini melebihi target kegiatan yang hanya 300 pendonor," imbuh Endang.

Stok PMI Kota Solo makin aman dengan adanya kegiatan Hari Donor Sedunia 2022 di Paragon Solo itu. Hingga per Selasa pukul 06.00 Wib, stok sejumlah komponen darah dari 4 golongan sangat melimpah, mencapai 4.677 kantong. (N-2)

BERITA TERKAIT