11 June 2022, 08:20 WIB

Santri DIY Berselawat dan Doakan Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024


mediaindonesia.com |

SEKITAR 2.000 santri Pesantren Nurul Dholam, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang tergabung dalam Santri Dukung Ganjar DIY menggelar gebyar selawat dan doa bersama. Kegiatan ini untuk mendukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menjadi Presiden 2024.

KH Abdullah Salam, selaku pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Dholam mengatakan, salah satuk sikap pemimpin bangsa yang patut diteladani adalah pemimpin yang bisa merangkul semua golongan, termasuk kalangan pesantren, kyai dan ulama.

Abdullah menyebut, Ganjar adalah sosok pemimpin yang baik karena mampu merangkul tokoh agama. Hal itu terbukti, dari keseringan Ganjar mengunjungi pesantren-pesantren untuk bersilaturahmi dengan kalangan para santri dan ulama.

"Dengan Pak Ganjar menjadi presiden dan bisa menyatu dengan para ulama, semoga Indonesia menjadi Indonesia yang sangat jaya dan makmur," ujar Abdullah dalam keterangannya, Sabtu (11/6).

Selain mampu merangkul kalangan kyai dan ulama, Abdullah menilai, Ganjar adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat dan rajin mendengarkan keluhan rakyat secara langsung selama memimpin Jawa Tengah dua periode. Oleh karena itu, Ganjar disebut layak menjadi presiden pada pilpres 2024 mendatang.

"Alhamdulillah setahu saya Pak Ganjar adalah orang yang bermasyarakat, peduli dengan rakyat kecil. Kalau Pak Ganjar menjadi presiden, semoga bisa bekerja sama dengan para ulama, karena kunci utama keberhasilan negara adalah ulama dan pejabat," ucap Abdullah.

Sementara itu, Koordinator Wilayah Santri Dukung Ganjar DIY, Ijtihadul Umam menuturkan, acara yang dihadiri ribuan santri dan masyarakat itu bertujuan untuk memperkenalkan sosok orang nomor satu di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, kepada santri dan masyarakat.

Umam menambahkan, Ganjar merupakan sosok pemimpin yang tidak asing lagi bagi kalangan kyai dan ulama karena menjadikan tokoh agama sebagai panutan. Hal itu membuat Ganjar disenangi banyak kalangan, sehingga pantas untuk memimpin bangsa Indonesia.

"Seperti Bapak Ganjar yang dekat dengan tokoh pesantren, kemudian kyai-kyai, ulama-ulama, majelis taklim. Itu ikhtiar kita untuk meneladani dan menyuarakan Bapak Ganjar Pranowo kepada masyarakat, khususnya santri dan pondok pesantren," tutur Umam.

"Malam ini kita mendoakan bersama-sama 30 kyai yang ada di Yogyakarta untuk beliau (Ganjar) menjadi Presiden di 2024. Harapannya tentunya Bapak Ganjar Pranowo menjadi Presiden di 2024, kemudian teman-teman juga para santri bisa mengenal sosok beliau (Ganjar)," lanjut Umam.

Lebih lanjut, Muhammad Imadudin, salah satu santri Nurul Dholam mengemukakan, jika Ganjar terpilih menjadi Presiden 2024, akan ada pemimpin yang memperhatikan perkembangan pesantren. Terlebih di Jawa Tengah, Ganjar juga mementingkan pendidikan, terutama pendidikan anak.

"Semoga dengan Pak Ganjar mencalonkan, kita bisa sebagai kaum santri bisa ada yang melanjutkan pemimpin yang bisa memperhatikan santri. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa santri sangat berkontribusi untuk bangsa ini," ungkap Imadudin.

Sebagai informasi, acara Santri Dukung Ganjar DIY ini turut mengundang penyanyi lagu religi Veve Zulfikar dan Ustaz Zulfikar. Para santri pun tampak antusias dengan penampilan yang disuguhkan. Selain itu, bazar yang digelar di depan lokasi kegiatan juga laris dibeli. (OL-13)

Baca Juga: Polri Akan Kawal Pemulangan Jasad Eril dari Soetta ke Rumah Duka

BERITA TERKAIT