09 June 2022, 15:51 WIB

Hanya Tiga Provinsi Boleh Datangkan Sapi ke Bangka Belitung


Rendy Ferdiansyah |

PEMERINTAH Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengizinkan para pengusaha mendatangkan sapi. Namun sapi yang diizinkan datang hanya dari tiga provinsi.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Babel Edi Romdani mengatakan tiga provinsi tersebut ialah NTB (Sumbawa), Lampung, dan Bali. Sedangkan untuk sapi dari Jawa Timur belum diizinkan masuk Babel.

"Tiga provinsi ini sudah bebas penyakit mulut dan kuku (PMK) sehingga sapinya bisa masuk Babel. Lain hal dengan Madura yang belum bebas,"jata Edi.kamis (9/6).

Rencananya, pengiriman sapi dari tiga Provinsi tersebut akan dilaksanakan pekan depan. Pasalnya saat ini Babel kekurangan banyak sapi untuk kurban.

Ia menyebutkan, kebutuhan hewan kurban se-Babel tahun ini sebanyak 7.240 ekor. Sedangkan stok sapi kurban yang ada hanya 4.075 ekor. Ini berarti ada kekurangan sekitar 3.165 ekor.

Baca juga: Lonjakan Harga Telur Ayam di Palembang Diprediksi Berlanjut Dua Pekan

Kendati mengizinkan pasokan sapi dari tiga provinsi itu, pemerintah setempat harus melakukan pengawasan dan pemantauan. "Upaya ini seperti karantina dulu selama 14 hari di daerah asal hingga memiliki surat keterangan sehat," ucap dia. (OL-14)

BERITA TERKAIT