09 June 2022, 14:19 WIB

Minimalisasi Kecelakaan, Dishub Dairi Bersama BPTD Wilayah II Gelar Operasi KIR Kendaraan


Apul Iskandar |

DINAS Perhubungan Kabupaten Dairi bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menggelar operasi tim pelaksanaan inspeksi audit pemantauan sistem manajemen keselamatan perusahaan angkutan umum.

Operasi gabungan bersama tim dari Polres dan PM tersebut digelar di dua lokasi, yakni di jalan Sisingamangaraja serta di jalan lintas Sidikalang-Medan Simpang TWI Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara dengan menyasar angkutan umum serta angkutan barang.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Dairi Parulian Sihombing yang turut serta dalam operasi tersebut menjelaskan operasi gabungan tersebut terkait dengan uji kelayakan kendaraan kelengkapan surat KIR terhadap angkutan umum dan angkutan barang untuk menjamin keselamatan atau meminimalisasi terjadinya kecelakaan di jalan raya.

"Saat ini kita lakukan operasi razia di perlintasan TWI Sitinjo yang merupakan jalan perlintasan baik itu yang masuk ke Dairi ataupun ke luar Dairi. Kita harapkan juga dengan adanya operasi ini akan memberikan kesadaran kepada para pengusaha angkutan umum maupun angkutan barang untuk mengurus kelengkapan KIR," ujar Parulian dalam keterangannya.

Saat ini gedung pengujian KIR Dinas Perhubungan Kabupaten Dairi, kata Parulian, telah beroperasi sejak 6 Juni 2022 yang lalu. Hal ini sejalan dengan instruksi dari Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dalam peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Dairi melalui retribusi KIR.

Sementara itu, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kementerian Perhubungan Folider Bakara di sela-sela kegiatan operasi mengungkapkan dalam operasi tersebut tidak dilakukan penindakan bagi yang belum melengkapi surat administrasi KIR, namun melakukan pembinaan bagaimana pengemudi angkutan dapat melengkapi administrasi agar kendaraan layak jalan.

"Kita periksa kendaraan, jika memang surat uji KIR tidak lengkap, maka akan diarahkan langsung ke gedung pengujian KIR yang sudah disiapkan," tandasnya. (AP/OL-10)

BERITA TERKAIT