06 June 2022, 19:30 WIB

Pemberdayaan UMKM Begawan Solo dan Seniman Surakarta Meriahkan HUT I Tegar


Mediaindonesia.com |

SEJUMLAH kegiatan menghiasi perayaan HUT I Relawan Teman Ganjar (Tegar) di Taman Sunan Jogo Kali, Surakarta, Jawa Tengah pada Senin (6/6). Salah satunya diisi dengan diskusi kebangsaan bertemakan 'Membumikan Pancasila untuk Kemajuan dan Persatuan Indonesia' dengan keynote speaker mantan Walikota Solo, FX Rudy Rudyatmo.

Selain itu acara juga diisi dengan kegiatan pemberdayaan UMKM di seputar bantaran Sungai Bengawan Solo dan seniman Surakarta. Meskipun sempat dilanda hujan deras, tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat masyarakat yang hadir memeriahkan perayaan tersebut.

Baca juga: Ribuan Warga Sumsel Ikuti Apel Akbar Sahabat Ganjar

Sesi diskusi kebangsaan diisi oleh tokoh-tokoh profesional Surakarta dan nasional, yakni Retno Wulandari (BPPD Surakarta), Arif Budisusilo (Solopos Mediagrup) dan Rinto Wardana (pakar hukum sekaligus Ketua Umum Tegar).

Sementara sesi pemberdayaan UMKM melibatkan puluhan pelaku UMKM yang  berjualan makanan dan minuman di sekitar lokasi acara termasuk pengisi acara yakni musisi dan seniman lokal setempat.

Dalam sambutannya, FX Rudy  menekankan pentingnya menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta mengajak peserta diskusi untuk menerapkan dan menularkan nilai-nilai tersebut setidaknya di lingkup terkecil, yakni lingkup keluarga.  Walikota Solo periode 2012-2015 dan 2016-2021 ini berharap dengan adanya acara ini, peserta diskusi bisa lebih memahami keberadaan Pancasila sebagai ideologi negara.

Ketua Umum Teman Ganjar Rinto Wardana mengatakan bahwa salah satu bentuk penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila ditunjukkan melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat bawah, seperti UMKM.

"Kami disini tidak sekadar ingin bersuka cita, tapi juga menuang nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa, salah satunya dengan mengangkat UMKM dan pekerja seni di sekitaran sungai Bengawan Solo", ucap Rinto.

Tegar sendiri adalah wujud konkret dari partisipasi aktif masyarakat dalam berdemokrasi. Seluruh inisiasi dan pembiayaan dilakukan secara swadaya oleh para anggota dan pengurus Teman Ganjar.

"Pergerakan relawan ini berangkat dari kesadaran pentingnya partisipasi akar rumput di alam demokrasi di Indonesia, dan ini adalah pertanda baik. Kami tidak hanya peduli, tapi juga berpartisipasi aktif.  Tegar akan terus mengupayakan untuk meningkatkan kesadaran ini", tutup Wakil Ketua Umum DPP Tegar, Dedek Prayudi. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT