04 June 2022, 15:43 WIB

Jemaah Haji dari Yogyakarta Diberangkatkan Lewat Embarkasi Donohudan


Ardi Teristi Hardi |

CALON haji dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan diberangkatkan dari embarkasi Donohudan, lalu digabung dengan jemaah haji dari Jawa Tengah.

"Calon haji DIY yang diberangkatkan berjumlah 1.427 orang, plus 10 petugas daerah, sehingga totalnya 1.437 orang," ujar Kepala Kanwil Kemenag DIY Masmin Afif, Sabtu (4/6).

"Seperti dari kesehatan, layanan umum, maupun dari bimbingan ibadah haji-umroh," imbuhnya. 

Baca juga: Lepas Kloter Pertama Haji, Wapres Minta Petugas Fokus Dampingi Jemaah

Adapun jemaah haji dari DIY berada di kloter 18 hingga 21, serta sebagian lagi di kloter 43. Jumlah calon haji yang diberangkatkan tahun ini lebih sedikit dibandingkan sebelum pandemi covid-19. 

Namun, pihaknya bersyukur pada tahun ini ibadah haji untuk warga negara Indonesia kembali dibuka, setelah dua tahun vakum akibat pandemi.

"Sebelum pandemi, kuota calon haji untuk DIY sekitar 3.100an. Saat ini, calon jamaah haji yang diberangkatkan turun di bawah 50% (dari sebelum pandemi)," jelas Masmin.

Baca juga: Keberangkatan Jamaah Calon Haji Kloter Pertama

Calon jemaah haji yang belum dapat berangkat ibadah haji tahun ini cukup memahami aturan dari pemerintah Arab Saudi. Termasuk, batasan usia 65 tahun, vaksinasi covid-19 lengkap, serta hasil negatif tes covid-19.

Dia menyebut jemaah haji reguler tidak perlu menambah biaya paket layanan di Masyair, baik Arafah, Muzdalifah, maupun Mina sebesar Rp16 juta, karena sudah ditanggung pemerintah. Untuk jemaah haji plus dan petugas haji daerah harus membayar sendiri tambahan biaya tersebut.(OL-11)

BERITA TERKAIT