02 June 2022, 23:59 WIB

'Semesta Dairi Memanggil' Perkenalkan Potensi Wisata Dairi


Widhoroso |

KABUPATEN Dairi, Sumatera Utara terus melakukan berbagai langkah untuk memperkenalkan potensi wisata yang terletak di tepi Danau Toba serta berada di daerah ketinggian Bukit Barisan tersebut. Teraktual, Kabupaten Dairi menggelar program 'Semesta Dairi Memanggil'.

Keberagaman etnis yang mendiami Kabupaten Dairi seperti Pakpak, Toba, Karo, Simalungun, Mandailing, Nias, Minang, Aceh, Jawa dan Tionghoa merupakan warisan budaya bangsa yang bernilai luhur yang membentuk identitas Kabupaten Dairi. Berbagai potensi wisata alam dan budaya ini yang merupakan aset yang sangat potensial untuk pengembangan kepariwisataan.

Dalam mengembangkan potensi besar ini, maka berbagai upaya telah dan sedang dilakukan, salah satunya adalah program Semesta Dairi Memanggil. Ini merupakan program penguatan destinasi paiwisata dan kebudayaan dengan cara menerapkan konsep promosi pariwisata dan kebudayaan dengan cara menerapkan konsep promosi pariwisata yang kreatif, dengan terobosan baru, dan bisa mewujudkan semangat G-20.

Bupati Dairi, Eddy KA Berutu mengatakan melalui program ini diharapkan potensi pariwisata dan kebudayaan di Kabupaten Dairi makin dikenal luas. "Kami memiliki potensi wisata yang luar biasa. Ada Danau Toba, ada gunung, daerah pertanian yng subur, ada kopi Sidikalang yang enak dan juga kain tenun yang indah. Jika dikelola dengan baik, semua ini akan menjadi daya tarik pariwisata yang menjanjikan," jelas Eddy dalam acara jumpa pers Peluncuran Program Semesta Dairi Memanggil, Kamis (2/6) di Jakarta.

Menurutanya, 'memanggil' merupakan kata yang sangat mudah dimengerti. Dikatakan, 'Program Semesta Dairi Memanggil' ini dimaksudkan untuk membawa wisatawan lokal dan mancanegara, termasuk anak daerah yang sukses di perantauan, untuk datang dan berkunjung ke Dairi, menikmati berbagai keindahan alam dan budaya yang ada di Kabupaten Dairi. "Semesta menunjukkan bahwa semua bagian yang ada di wilayah Dairi dapat dipromosikan dan dipamerkan ke masyarakat Indonesia dan dunia,” tambah Eddy.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya secara virtual mengungkapkan konsep promosi wisata yang dilakukan Bupati Dairi melalui program Semesta Dairi Memanggil merupakan konsep promosi yang kreatif. "Semoga dengan konsep promosi yang seperti ini, Dairi semakin dikenal dunia," kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, cara yang paling tepat dan disukai para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara saat ini adalah dengan memadukan berbagai atraksi dengan amenities. Antara bercerita dengan menarik tapi juga secara riil ada produk yang bisa dilihat, dirasa, dialami dan dinikmati. "Dalam hal ini, Dairi memiliki semuanya. Ada keindahan alamnya, ada budayanya, ada kopi Sidikalang yang terkenal dan kain ulos yang indah," tegas Sandiaga.

Program Semesta Dairi Memanggil 2022 sendiri terdiri dari berbagai kegiatan sejak Juni hingga November mendatang. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT