02 June 2022, 11:35 WIB

Presiden Jokowi Panen Pardana Sorgum di Sumba Timur


Palce Amalo |

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) melakukan panen perdana sorgum di Desa Palakahembi, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (2/6).

Kunjungan Jokowi ke Sumba Timur masih merupakan rangkain kunjungan ke NTT sejak 31 Mei 2022. Jokowi datang bersama Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat.

"Presiden baru selesai menanam dan panen perdana sorgum dan berdialog dengan kepala desa," kata Humas PT Sorgum Indonesia, Alfons Deak kepada Media Indonesia.

Penanaman sorgum oleh PT Sorgum Indonesia baru berlangsung tiga bulan terakhir dan saat ini telah memasuki masa panen. "Kami baru melakukan uji coba di lahan seluas 20 hektare dari total lahan yang akan ditanam sorgum seluas 4.000 hektare," ujarnya.

Alfons mengatakan, sorgum di Sumba Timur dinilai terbaik dibandingkan sorgum yang ditanam oleh PT Sorgum di daerah lain yakni dalam satu pohon memiliki antara 500-600 gram biji dan masa panen lebih cepat yakni antara 83-84 hari. Karena itu, dia optimistis pengembangan sorgum di daerah itu memiliki  prospek yang baik.

Setiap hari, kebutuhan sorgum di Indonesia mencapai 8.000 ton yang tentu salah satu pemasok untuk kebutuhan nasional berasal dari Sumba Timur jika lahan yang disiapkan tersebut ditanam. (OL-13)

Baca Juga: Hari Ketiga di NTT, Presiden Tinjau Pabrik Sorgum dan Bagikan ...

BERITA TERKAIT