01 June 2022, 11:50 WIB

Bupati Dairi Tegaskan Segera Atasi Kelangkaan Pupuk Subsidi


Apul Iskandar |

TERKAIT dengan kelangkaan pupuk subsidi Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengutarakan akan terus berupaya untuk mengatasinya. Kelangkaan pupuk akan sangat memengaruhi hasil produksi pertanian mengingat pertanian merupakan salah satu sektor andalan di bidang pembangunan Dairi.

"Pupuk subsidi adalah haknya petani, kami akan berupaya keras untuk mengatasi kelangkaan pupuk subsidi ini," ujar Eddy Berutu saat menyerahkan bantuan alat pertanian kepada 3 kelompok tani yang ada di Kecamatan Siempat Nempu di kantor Kecamatan Siempat Nempu, Dairi, Sumatera Utara, Rabu (1/6). 

"Kita terus bekerja keras, 2 tahun itu sangat berat tidak mungkin semuanya bisa tuntas. Tidak mungkin hanya pemerintah saja dalam menjalankan pembangunan khususnya pertanian, secara perlahan kita akan kejar untuk mewujudkan Dairi yang Unggul," tambahnya.

Pada kesempatan itu Eddy Berutu menyerahkan bantuan berupa traktor roda dua rotari, pemipil jagung serta alat penanam jagung  kepada kelompok tani Marsada Desa Sihorbo, Kelompok Tani Sepakat Desa Maju dan Kelompok Tani Lestari Desa Hutaimbaru.

Lanjutnya, Pemkab Dairi juga telah bekerjasama dengan Bank Sumut dan saat ini sedang menggalakan program KUR klaster kepada para petani, salah satunya adalah KUR klaster jagung.

"Oleh karena itu, kepada Dinas Pertanian kiranya dapat mensosialisasikan KUR klaster sehingga para pertani dapat memahaminya dan dapat bergabung dengan program tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Camat Siempat Nempu Marhaban Kudadiri mengungkapkan masyarakat Kecamatan Siempat Nempu khususnya desa yang menerima bantuan menyampaikan ucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemkab Dairi kepada kelompok tani dengan harapan dapat dipergunakan dengan sebaik baiknya oleh kelompok tani untuk meningkagkan produksi pertanian.

Usai menerima bantuan, perwakilan kelompok tani dari Desa Hutaimbaru menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Dairi karena bantuan yang diberikan kepada mereka sangat bermanfaat guna mendorong peningkatan hasil pertanian. (AP/OL-10)

BERITA TERKAIT