29 May 2022, 12:05 WIB

PKL Kembali Ramaikan CFD di Alun-alun Kudus


Jamaah |

PEDAGANG Kaki Lima (PKL) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menyambut kembali digelarnya hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD) di sekitar alun-alun Simpang tujuh, Kota, Kudus, yang dimulai pada Minggu (29/5/2022). Sebelumnya kegiatan ini dihentikan selama dua tahun akibat pandemi covid-19, ini menandai kebangkita ekonomi di Kudus.

Ketua paguyuban PKL Yanuar Hilmi mengaku sangat bersyukur setelah dua tahun vakum. Selain memberi fasilitas masyarakat untuk menggelar kegiatan olahraga, namun kondisi CFD pun menjadi ladang berkah tersendiri bagi para pedagang kecil.

"Alhamdulillah kabar baik bagi kami para PKL, dengan dibukanya gelaran CFD semoga dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat usai diterpa pandemi 2 tahun," kata Yanuar di lokasi CFD Kudus, Minggu (29/5).

Bersama puluhan para PKL lainnya berharap, melalui kembali dibuka CFD kali ini menjadi awal tumbuhnya perekonomian UMKM di Kudus agar kembali bergeliat. Pasalnya Yanuar mengaku dalam awal pandemi Covid-19, sektor pedagang kecil menjadi salah satu korban paling terdampak.

"Dulu awal pandemi, seperti makan saja susah. Semoga jadi lebih baik lagi CFD juga meramaikan sektor ekonomi masyarakat kecil di Kudus," terangnya.

Sementara Bupati Kudus Hartopo mengimbau pada para pedagang dan masyarakat agar bersabar sementara dalam pelaksanaan CFD kali ini masih dalam pemantauan. Pasalnya gelaran CFD ini merupakan simulasi dan masih dalam lingkup terbatas hanya sampai Jalan Kutilang.

"Sementara PKL masih dibatasi, yang tidak terdaftar diharap bisa dihalau agar tidak terjadi kesemrawutan sehingga suasana tetap kondusif dan nyaman. Minggu depan usai evaluasi semoga bisa diperlebar kawasanya sehingga dapat menampung PKL lebih banyak lagi," ujar Hartopo saat beraktifitas di CFD.

Hartopo berharap, dibukanya kembali CFD pasca pandemi dapat menumbuhkan geliat ekonomi masyarakat Kudus. "Ajang ini selain sebagai sarana olahraga juga sarana silaturahmi hingga sarana destinasi wisata yang dapat meningkatkan PAD kita juga. Semoga masyarakat makin sejahtera," pungkasnya. (OL-13).

Baca Juga: Dua Jam Razia, Polres Cimahi Angkut Ratusan Motor Knalpot Bising

 

BERITA TERKAIT