28 May 2022, 17:05 WIB

26 Orang Hilang setelah Feri Tenggelam di Selat Makassar


Mediaindonesia.com |

SEBANYAK 26 orang hilang pada Sabtu (28/5) setelah feri kehabisan bahan bakar dan tenggelam dalam cuaca buruk di lepas pantai Indonesia. Badan pencarian dan penyelamatan mengatakan kapal itu membawa 43 orang ketika terbalik pada Kamis (26/5) di Selat Makassar, laut yang memisahkan pulau Sulawesi dan Kalimantan.

Berita kecelakaan itu sampai ke pejabat pada Sabtu, kata kepala pencarian dan penyelamatan setempat Djuanidi, yang seperti kebanyakan orang Indonesia hanya menggunakan satu nama, kepada AFP. 

"Tujuh belas orang berhasil diselamatkan hidup-hidup oleh dua kapal yang melintas. Kami telah mengerahkan tim penyelamat untuk mencari orang lain yang hilang," katanya.

Baca juga: Baru Ditemukan 17 Penumpang KM Ladang Pertiwi yang Tenggelam

Sekelompok 40 penyelamat berada di laut mencari korban, Djuanidi menambahkan. Kecelakaan laut sering terjadi di Indonesia, negara kepulauan Asia Tenggara dengan sekitar 17.000 pulau. Standar keselamatan sering kali dinilai lemah.

Pekan lalu, feri yang membawa lebih dari 800 orang kandas di perairan dangkal di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan terjebak selama dua hari sebelum akhirnya dibongkar. Tidak ada yang terluka.

Pada 2018 lebih dari 150 orang tenggelam ketika feri tenggelam di salah satu danau terdalam di dunia di pulau Sumatra. (OL-14)

BERITA TERKAIT