27 May 2022, 18:55 WIB

Aston Pasteur Hotel Menggelar Latihan Penanggulangan Kebakaran


Media Indonesia |


KEBAKARAN sangat merugikan perusahaan dan karyawan. Untuk itu, Aston Pasteur Hotel berupaya mencegah kejadian itu.

Jumat (27/5), manajemen Aston Pasteur Hotel menyelenggarakan kegiatan pengenalan dan penanggulangan bencana kebakaran untuk para karyawan hotel.

Dalam pelatihan itu, pemandu dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung menyatakan sangat penting bagi karyawan untuk mengetahui pemicu munculnya api sampai terjadinya kebakaran.

Ada 3 elemen yang dapat menjadi faktor terjadinya kebakaran, yaitu panas (api), bahan bakar yang mudah terbakar, serta kadar oksigen di dalam suatu ruangan.

Dalam acara tersebut para karyawan dilatih dan diberi arahan bagaimana cara memadam api. Salah satu caranya dengan menggunakan kain yang dibasahi. Kain yang sudah dibasahi tersebut kemudian diangkat menutupi tangan dan juga wajah agar bisa melindungi anggota tubuh. Setelah itu arahkan dan tutup kain tersebut ke arah api sampai api benar-benar padam.

Selain menggunakan kain, para karyawan juga dilatih untuk menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang berbahan karbondioksida dan juga chemical powder.

Ada 3 tahapan untuk menggunakan APAR. Pertama, tarik  dan lepaskan pin pengunci APAR. Lalu arahkan selang ke titik pusat api kebakaran ringan. Ketiga, tekan tuas untuk mengeluarkan isi APAR. Terakhir, gerakan selang dari kiri dan ke kanan hingga isi APAR dapat memadamkan seluruh api dengan sempurna.

Setelah mengikuti pelatihan, sejumlah karyawan mengakui lebih mengenal bahaya api. "Karena itu, mereka bisa mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran," kata Rohman, Chief Engineer Aston Pasteur Hotel Bandung.

Untuk informasi terkait Aston Pasteur Hotel Bandung, Anda bisa menghubungi nomor telepon : 022-8200-0777 atau ikuti akun media sosial @AstonPa. (N-2)

BERITA TERKAIT