26 May 2022, 19:40 WIB

Presiden Bagikan Bansos di Empat Pasar di Surakarta


Andhika Prasetyo |

PRESIDEN Joko Widodo menyalurkan bantuan langsung tunai kepada para pedagang di sejumlah pasar di Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (26/5).

Setidaknya, terdapat empat pasar yang dikunjungi kepala negara yaitu Pasar Mojosongo, Pasar Gede, Pasar Gading, dan Pasar Harjodaksino.

Ia berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban para pelaku usaha mikro dan kecil di tengah ketidakpastian ekonomi yang masih berlangsung.

"Bantuan untuk pedagang, UMKM, untuk PKL di Pasar Mojosongo, Pasar Gede, Pasar Gading, dan juga Pasar Harjodaksino ini sebagai tambahan modal untuk mendorong ekonomi pulih kembali," ujar Jokowi di Pasar Mojosongo, Surakarta Jawa Tengah.

Selain memberi bantuan, presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga sempat berbelanja telur asin, buah-buahan, serta alat-alat masak seperti centong nasi dan juga sutil.

Aminah, seorang pedagang di Pasar Harjodaksino, pun mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan pemerintah. Ia menyebut bantuan itu akan digunakan untuk menambah modal usahanya.

“Senang, buat modal. Terima kasih atas perhatian Pak Presiden kepada rakyat,” ucap Aminah.

Hal serupa disampaikan Rubina yang menjajakkan jajanan manis di Pasar Gede. Ia mengaku akan memanfaatkan dana pemberian itu untuk membayar sewa rumah dan menambah dagangan.

"Matur nuwun. Bantuannya buat menambah dagangan, bayar kontrakan, terus menutupi kebutuhan keluarga sehari-hari. Matur nuwun sanget," tutur Rubina.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana pada kunjungan tersebut antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, dan Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. (OL-8)

BERITA TERKAIT