25 May 2022, 23:38 WIB

240 Siswa PAUD dan Orangtua Berkolaborasi Ikuti Lomba Kreativitas


Ruta Suryana |

PEMERINTAH Kota Denpasar melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Kota Denpasar menggelar lomba kreativitas untuk anak PAUD dan orangtua, Rabu (25/5) di areal utara lapangan Lumintang Denpasar. Kegiatan yang diikuti 240 peserta dari perwakilan PAUD se-Kota Denpasar ini mengusung tema 'Melalui Tumpek Wariga Kita Tingkatkan Inovasi untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Sejak Dini di Kota Denpasar'.

Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, mengatakan pada acara ini ada 3 kegiatan yang dilombakan. Yakni Lomba Peragaan Busana ke Pura, Lomba Simulasi Berlian, dan Lomba Menyajikan Makanan Perayaan Tumpek Wariga.

''Hari ini kita menyaksikan kreativitas anak usia dini yang akan bekerja sama dengan orangtua. Lomba ini kita kemas dengan kearifan lokal yang melibatkan orangtua dalam mengasah kreativitas anak dengan harapan mampu membentuk karakter anak yang baik,'' ujar Ny. Antari Jaya Negara yang didampingi istri Wakil Wali Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa serta Ketua Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak Kanak Indonesia (GOPTKI) Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Windyani Wiradana.

Ny. Antari Jaya Negara mengharapkan melalui kegiatan lomba seperti ini, nilai-nilai seperti keimanan dan ketakwaan dapat lebih bisa diterapkan dalam pengasuhan anak. ''Selain itu, nilai yang bisa dikembangkan adalah gotong-royong, berkebinekaan global, mandiri dan kreatif. Elemen-elemen itu dalam usaha mewujudkan profil pelajar Pancasila, hal ini selaras dengan program pemerintah yang tertuang dalam kebijakan merdeka belajar,'' imbuhnya.

Menurut Ny. Antari, bentuk kerja sama dan komunikasi yang baik dan kompak antara anak usia dini dan orangtua akan menjadi indikator bagi tumbuh kembang anak. ''Selain itu, nilai yang bisa dikembangkan adalah gotong royong, berkebinekaan global, mandiri dan kreatif. Elemen elemen itu dalam usaha mewujudkan profil pelajar Pancasila, hal ini selaras dengan program pemerintah yang tertuang dalam kebijakan merdeka belajar,'' imbuhnya. (RS/OL-10)
 

BERITA TERKAIT