24 May 2022, 17:09 WIB

ASN Berkewajiban Membangun Bangsa Multikultur


Siswantini Suryandari |

STAF Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo, akrab disapa Romo Benny menyatakan ASN memiliki kewajiban membangun bangsa yang multikultur.

"Indonesia adalah negara yang berpenduduk majemuk dari segi suku bangsa, budaya, dan agama," kata Romo Benny dalam kegiatan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Lingkungan Aparatur Silil Negara (ASN) di  Kota Metro Lampung, Selasa (24/5).

"Jejak degital sangat penting dijaga oleh ASN. Untuk itu jangan mudah terpengaruh oleh informasi-informasi yang tidak jelas dan bertentangan dengan ideologi Pancasila. Banyak ASN yang berkarier melalui open biding yang gugur karena rekam jejak digital yang kurang baik," lanjut Romo Benny.

baca juga: Romo Benny Sebut Harkitnas Momentum Bangun Gerakan Melawan Radikalisme

Acara tersebut diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melalui Direktorat Evaluasi Deputi Pengendalian  dan Evaluasi ini

Deputi Pengendalian dan Evaluasi, Rima Agristina dalam sambutannya mengapresiasi Pemkot Metro yang yang antusias melakukan kegatan  Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila untuk ASN.

"Sebagai ujung tombak perekat bangsa, ASN wajib memahami dengan baik 4 konsesesus dasar bangsa Indonesia yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," kata Rima Agristina.

Wali Kota Metro, Wahdi yang ikut hadir menyatakan terima kasih atas kepercayaan BPIP melaksanakan kegiatan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di lingkungan ASN di Kota Metro.

"Kegiatan ini diikuti oleh ASN dari OPD dan guru, baik secara langsung dan daring. Kepada para ASN untuk dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan baik dalam menambah wawasan bela negara dan pemahaman Ideologi Pancasila," kata Wahdi. (RO/N-1)

 

BERITA TERKAIT