23 May 2022, 10:55 WIB

Arsip UNESCO Global Geopark (UGG) Ciletuh-Palabuhanratu Raih Penghargaan dari Arsip Nasional


mediaindonesia.com |

Bertepatan dengan peringatan Hari Kearsipan ke-51, Arsip Nasional  Republik Indonesia (ANRI) memberikan penghargaan kepada penerima anugerah kearsipan  2022 yang terdiri dari penghargaan Nilai Terbaik Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2021, Simpul Jaringan Terbaik Nasional Tahun 2022; penetapan Memori Kolektif Bangsa Tahun 2022;  penghargaan Komitmen Tinggi Unsur Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota terhadap  Bidang Kearsipan dan Penyelamatan Budaya Tahun 2022.

Salah satu penerima penghargaan tahun ini adalah arsip UNESCO Global Geopark (UGG) Ciletuh-Palabuhanratu, yang diajukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Provinsi Jawa Barat. Mereka menerima penghargaan untuk kategori penetapan  Memori Kolektif Bangsa Tahun 2022 yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Kepala ANRI  Nomor 198 Tahun 2022 tentang Penetapan Arsip dalam Register MKB Tahun 2022.

Adapun peraih penghargaan lain dalam katgori ini di antaranya Arsip Konservasi dan Pembangunan Kawasan Segara Anakan Cilacap-Jawa Tengah Tahun 1996-2000 yang diajukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap.

Acara Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Grand Ballroom, Hotel Pangeran, Pekanbaru, Riau oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo dan Kepala ANRI, Imam Gunarto.

Pada kesempatan itu, Menteri Tjahjo menyampaikan bahwa arsip menjadi bagian penting dalam reformasi birokrasi. Kearsipan memiliki peranan penting  sebagai bagian dari sumber informasi yang terekam dan objektif. “Sejalan dengan arahan Bapak  presiden, bahwa kemampuan Indonesia dalam mengelola arsip harus semakin baik, karena arsip  merupakan landasan untuk membuat kebijakan yang cepat dan tepat,” ujarnya seperti rilis yang diterima dari ANRI.  (RO/M-4)

BERITA TERKAIT