20 May 2022, 21:02 WIB

Padang Punya Objek Wisata Potensial Lobang Jepang di Pusat Kota


Yose Hendra |

WALI Kota Padang telah menetapkan Kampung Tematik di masing-masing kecamatan berbasiskan potensi, budaya dan kearifan lokal. Di Kecamatan Nanggalo ditetapkan Kelurahan Tabing Banda Gadang dengan tema Kampung Tematik Lubang Japang (wisata sejarah).

Kampung tematik wisata sejarah (Lubang Jepang) dibina langsung Dinas Pariwisata Kota Padang, dengan membentuk komunitas ekraf, sekaligus menjadikan sentra promosi produk ekraf dan menaikkan taraf ekonomi warga setempat.

Sehubungan dengan hal tesebut, Camat Nanggalo Mahdalena bersama Kabid Ekraf dan Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Padang Andi Amir dan Asmawati meninjau potensi Lubang Japang di perbukitan Gunung Pangilun, Kelurahan Tabing Banda Gadang, kemarin sore.

"Bahkan dari Cagar Budaya Batusangkar, Tanah Datar, juga datang berkunjung melihat keberadaan objek wisata Lubang Japang serta menilik perencanaan pembenahan yang akan dilakukan, bersama Dinas PUPR, Dinas Pariwisata dan OPD terkait lainnya," ungkap Camat Mahdalena.

Setelah terbentuk Kelompok Sadar Wisata (Podarwis) akan dilakukan pembenahan terhadap Lubang Japang tersebut. Tujuanya supaya para pengunjung yang datang merasa aman dan nyaman serta menyenangkan.

Di sekitar pintu mau masuk Lubang Japang akan dibangun berbagai fasilitas, di antaranya areal tempat duduk bagi pengunjung. Musala, kamar mandi dan WC. Pembenahan tersebut akan didisain dengan rapi, sehingga setiap pengunjung tertarik untuk berfoto.

"Kami minta dukungan pada masyarakat Tabing Banda Gadang terhadap program ini serta pembentukan Pokdarwis secepatnya, supaya peningkatan perekonomian masyarakat lebih baik lagi," tuturnya.

Baca juga: Kehadiran Marawa Beach Club Bikin Padang Semakin Rancak

Selanjutnya, Kabid Pemasaran dan Kabid Ekraf Dinas Pariwisata Kota Padang Asmawati dan Andi Amir mengatakan pihaknya sengaja melihat potensi Lubang Japang di Kelurahan Tabing Banda Gadang. Ternyata objek Wisata Lubang Japang unik dan menarik. Maka berpotensi sekali untuk dikembangkan.

"Soalnya di tengah Kota Padang ada Lubang Japang. Dimana-mana tidak ada lubang di tengah kota, hanya satu-satunya Lubang Japang di Tabing Banda Gadang," ucap Asmawati.

Dinas Pariwisata Kota Padang akan memberikan pelatihan terhadap Pokdarwis Tabing Banda Gadang jika sudah terbentuk.

"Gunanya untuk peningkatan ekonomi kreatif. Mari bersama-sama mendukung kampung tematik yang telah dicanangkan Wali Kota Padang," tukas Asmawati.(OL-5)

BERITA TERKAIT