19 May 2022, 18:58 WIB

44,3% Kasus HIV Di Sulteng Terdapat Di Kota Palu


M Taufan SP Bustan |

DINAS Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Tengah, merilis jumlah kasus komulatif Human Immunodeficiency Virus (HIV) mulai 2020 hingga 2021 telah mencapai 2.519 kasus dan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) 1.055 kasus.

Asisten Administrasi Umum, Hukum dan Organisasi Pemprov Sulteng, H Mulyono mengatakan, Kota Palu menjadi wilayah terkosentrasi dalam upaya penanggulangan HIV dengan sebaran kasus HIV 1.117 atau 44,3 persen dari total kasus yang ada di Sulteng. "Dan 90 persen kasus penularan HIV itu terjadi akibat hubungan seksual bebas," terangnya dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia di Palu, Kamis (19/5).  

Mulyono menyebutkan, pentingnya komitmen dan sinergitas semua pihak termasuk masyarakat demi memutus mata rantai penyebaran kasus HIV/AIDS di Sulteng. Gerakan Three Zero, lanjutnya, perlu dioptimalkan untuk menghentikan penyebarannya.  

Gerakan ini mencakup pada upaya menurunkan hingga meniadakan infeksi HIV baru dan menurunkan hingga meniadakan kematian akibat AIDS. "Yang terpenting lagi meniadakan diskriminasi terhadap orang dengan HIV/AIDS," tegasnya Mulyono.  

Karena itu, sejalan dengan instruksi Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura berharap semua pihak menyatukan langkah bersama-sama dan bergandengan tangan agar lebih kuat memerangi HIV/AIDS. "Demi menuju Sulawesi Tengah yang sehat dan bebas HIV/AIDS," tandas Mulyono. (OL-15)

BERITA TERKAIT