19 May 2022, 13:50 WIB

Kamera Tilang di Palembang Ditambah Di Tujuh Lokasi


Dwi Apriani |

KEPOLISIAN Resor Kota Besar Palembang akan menambah jumlah kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik di wilayah tersebut. Direncanakan bakal ada penambahan 5-7 titik kamera akan disiapkan di beberapa titik di Kota Palembang.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Palembang, Kompol Rendy Surya mengatakan, penambahan kamera ETLE tersebut guna memperketat lalu lintas, mulai dari pelanggaran hingga pencegahan tindak kejahatan.

"Program ini merupakan program prioritas Kapolri yang mana Sumsel menerima baik hal ini, dan di Kota Palembang sendiri bakal ditambah lagi," ujarnya, kemarin.

Adapun 5-7 kamera ETLE tersebut akan dipasang di sejumlah titik, mulai dari Jalan Soekarno Hatta sebanyak dua unit, satu unit masing-masing di kawasan Simpang Macan Lindungan, Jalan Demang Lebar Daun, dan Kawasan Nila Kandi.

Sedangkan untuk sisanya akan menyesuaikan tergantung lokasi yang perlu dipasang kamera tersebut.

Kemudian, program ETLE di Palembang saat ini telah bekerjasama dengan PUSINAFIS, sehingga tidak hanya kendaraan saja yang terdeteksi, melainkan wajah pengendara juga bisa terdeteksi dan diketahui data lengkapnya.

"Hal ini tentu membantu kita dalam proses pencarian, pengejaran, ataupun pencegahan tindak kejahatan seperti begal ataupun curanmor," terangnya.

Rendy menjelaskan, bagi masyarakat yang kedapatan melakukan pelanggaran dan terekam pada kamera ETLE, secara otomatis akan dikonfirmasi melalui surat yang dikirim oleh Kantor Pos.

Oleh sebab itu, Rendy mengimbau agar masyarakat segera melengkapi alat kelengkapan berkendara serta patuh dalam berlalu lintas. "Karena ini tindak tegasnya dilakukan secara sistem, tentu tidak bisa main-main lagi," pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Palembang, Harnojoyo menyambut baik langkah yang dilakukan Polrestabes Palembang tersebut. Menurutnya, hal tersebut dapat meningkatkan kawasan tertib lalu lintas di Kota Pempek.

"Bagus sekali, kami sambut baik, dan kita harapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk patuh dalam berlalu lintas," ungkapnya.

Harnojoyo menambahkan, saat ini terdapat setidaknya 13 kamera ETLE yang telah beroperasi yang tersebar di sejumlah titik di Kota Palembang. (OL-13)

Baca Juga: RPH di Pamekasan Dilarang Potong Hewan Terjangkit PMK

BERITA TERKAIT