18 May 2022, 20:07 WIB

Pemkab Cianjur Persilakan Warga Tidak Pakai Masker Di Tempat Terbuka


Benny Bastiandy |

PRESIDEN Joko Widodo sudah melonggarkan kebijakan penggunaan masker bagi masyarakat. Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat merespons positif pelonggaran tersebut tapi masyarakat diimbau tetap harus menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Ini sejarah. Pemerintah sudah mengizinkan masyarakat bisa tak mengunakan masker di tempat terbuka. Bagi warga Cianjur, sekarang silakan bisa tak menggunakan masker, tapi tetap harus waspada," kata Bupati Cianjur, Herman Suherman, Rabu (18/5).

Herman menegaskan di Kabupaten Cianjur, penggunaan masker masih tetap berlaku bagi masyarakat yang kondisi kesehatannya sedang menurun atau sakit. Apalagi yang sedang dalam perawatan di rumah sakit.

"Bagi keluarga atau kerabatanya yang akan menengok, juga harus tetap menggunakan masker. Intinya, kita harus tetap waspada," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Irvan Nur Fauzy, mengatakan poin dari kebijakan Presiden lebih kepada tidak diwajibkannya sekarang tak memakai masker. Namun bagi masyarakat yang masih ingin menggunakan masker, juga dipersilakan.

"Kebijakan tidak diwajibkannya masyarakat tak memakai masker ini untuk di tempat-tempat terbuka. Dasar pemikirannya mungkin karena tingkat penyebarannya kurang," terang Irvan.

Ia menuturkan kebijakan ini juga mengindikasikan saat ini penanganan pandemi covid-19 sudah semakin membaik. Kondisinya saat ini linear dengan situasi di Kabupaten Cianjur yang semakin hari kasus covid-19 cenderung menurun.

"Di Kabupaten Cianjur, sudah zero kasus covid-19 beberapa minggu ini. Pascalebaran pun, kita masih menunggu tiga hari lagi, trennya sepertinya flat. Tidak akan ada kasus tambahan," ujar Irvan.

Secara legal formal, kata Irvan, Pemkab Cianjur masih menunggu kebijakan pelonggaran penggunaan masker dituangkan ke dalam aturan. Sehingga, aturan itu akan menjadi payung hukum implementasi dari kebijakan pelonggaran penggunaan masker tersebut.

"Dalam hal ini, nanti memakai masker menjadi tanggung jawab individu. Kalau kondisinya sakit, tentu harus pakai masker. Warga yang akan menengok orang sakit di fasilitas kesehatan, tetap harus pakai juga maskernya," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT