18 May 2022, 17:34 WIB

Temanggung Genjot Penurunan Angka Stunting


Tosiani |

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menarget penurunan angka stunting hingga 14 persen pada 2024 sesuai dengan target dari Presiden.

Kepala Dinkes, Dr. Intan Pandawangi, mengatakan, untuk mencapai target itu pihaknya telah membentuk Tim Percepatan Penanggulangan Stunting (TPPS). Hal itu untuk menindaklanjuti amanat Presiden Nomor 72 Tahun 2021 dan Peraturan BKKBN Nomor 12 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Angka Stunting Indonesia Tahun 2021-2024.

"Prevelensi 20,5 persen jadi perhatian untuk terus menurunkan angka stunting sebesar 3-4 persen per tahun untuk mencapai angka 14 persen pada 2024," katanya, Rabu (18/5).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Temanggung, Sri Hartati menambahkan, perlu kerjasama dengan seluruh OPD terkait dalam upaya mencegah dan menurunkan angka stunting. "Harapan kita ada komitmen bersama, bergerak bersama secara konvergensi melakukan pencegahan dan penurunan stunting untuk membentuk generasi muda menjadi generasi emas di masa depan," katanya.

Ia menjelaskan, stunting amat berbahaya. Ini bukan hanya tentang gagal pertumbuhan, tetapi ada gagal perkembangan dan kelainan metabolisme. Ia meminta masyarakat untuk mengupayakan pencegahan stunting dan menciptakan Generasi Emas. (OL-15)

BERITA TERKAIT