17 May 2022, 18:39 WIB

Motor Listrik di Kawasan Candi Borobudur Mudahkan Wisatawan Berkeliling Destinasi Wisata


Insi Nantika Jelita |

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan layanan kendaraan listrik ramah lingkungan di kawasan Borobudur, Jawa Tengah, untuk wisatawan yang berkeliling di destinasi wisata itu.

Layanan dari Grab Indonesia yang bekerja sama dengan PT. Taman Wisata Candi Borobudur itu juga menawarkan layanan Grab Tour guna memperkuat potensi desa wisata, serta meningkatkan produktivitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Grab Mart dan Grab Food. 

"Kendaraan ramah lingkungan ini didesain untuk harga yang terjangkau bagi para wisatawan yang akan mengurangi jejak karbon," kata Menparekraf dalam rilis resmi, Selasa (17/5). 

Menurutnya, pariwisata berkelanjutan tidak saja melihat isu lingkungan dan kesejahteraan lingkungan, namun juga harus mengangkat budaya lokal Dan menciptakan keseimbangan pariwisata massal dan pariwisata berkualitas. 

Untuk mewujudkan hal itu diperlukan pendekatan multi-stakeholder, baik sektor pariwisata, publik, maupun swasta perlu terlibat.

"Kami memiliki satu komitmen untuk pariwisata berkelanjutan yang akan membuka peluang usaha bagi para merchant UMKM dan juga lapangan kerja," tutur Sandiaga. 

Baca juga : Cegah PMK, Kabupaten Cianjur Perketat Pengawasan Angkutan Hewan Ternak

Layanan kendaraan listrik sebanyak 50 kendaraan ini akan mulai digunakan dalam waktu dekat sehingga dapat digunakan wisatawan di masa liburan mendatang. 

"Saya berharap nanti akan digulirkan lebih banyak lagi dan bekerja sama dengan desa-desa wisata dan lainnya," ucapnya.

Menparekraf pun mendorong Grab dan mitra kolaborasi lainnya untuk menjangkau sebanyak mungkin desa wisata karena ada 3.500 desa wisata yang sudah ada dalam jejaring desa wisata yang dihimpun Kemenparekraf. 

Sementara Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, layanan itu merupakan komitmen pihaknya dalam mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Tanah Air menuju pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas dan berkelanjutan. 

"Kami luncurkan di daerah-daerah pariwisata lokasi terutama di Borobudur ini atas arahan Menparekraf juga untuk sekaligus memberdayakan desa wisata," kata Ridzki. (OL-7)

BERITA TERKAIT