16 May 2022, 21:58 WIB

Lestarikan Budaya, Sahabat Ganjar Gelar Apel Akbar Tampilkan Tarian Tradisional di Semarang


Mediaindonesia.com |

RELAWAN Sahabat Ganjar menggelar "Apel Akbar Sahabat Ganjar" dengan tema "SAGA Traditional Dance Festival Jawa Tengah 2022", di Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kegiatan itu dihadiri lebih dari 1.000 simpatisan Sahabat Ganjar dan juga pelaku seni tari yang tersebar dari berbagai daerah di Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Sahabat Ganjar Provinsi Jawa Tengah Parikesit Sosrodihardjo mengatakan, kegiatan Apel Akbar kali ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk melestarikan seni tari Jawa Tengah.

Acara itu juga digelar sebagai silaturahmi halal bihalal usai hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah, sekaligus, deklarasi pelaku seni tari se-Jawa Tengah dalam mendukung Ganjar Pranowo untuk pemilihan presiden 2024 mendatang.

“Saya merasa bersyukur dan takjub melihat besarnya antusias dari para pelaku seni, warga, dan simpatisan yang hadir pada kegiatan Apel Akbar Sahabat Ganjar Kali ini. Kegiatan ini kami selenggarakan dengan konsep festival tari tradisional untuk menarik minat masyarakat, baik di Jawa Tengah atau pun pendatang untuk melihat langsung indah dan beragamnya budaya tari di daerah kami," ujar Parikeseit. 

Dia berharap, ajang ini dapat berdampak baik dalam mengapresiasi pelaku seni tari, sekaligus mendukung bapak Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Dalam pelaksanaannya, Apel Akbar Sahabat Ganjar menampilkan tarian-tarian tradisional. Mulai dari Tari Semarangan, Tari Satrio Bagus, Jaran Kepang, Bambu Gila, Njengat Semarangan, dan banyak tari lainnya.

Baca juga : Asah Kreativitas Warga di Pati, Teman Sandi Gelar Berbagai Lomba dan Donasi

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Umum Sahabat Ganjar yaitu Nahib Sodiq, yang memberi sambutan dan semangat bagi para masyarakat dan pelaku seni yang hadir.

Di akhir acara pada Apel Akbar Sahabat Ganjar itu juga semakin semarak dengan dilaksanakan deklarasi bersama dengan komunitas pelaku seni tari tradisional se-Jawa Tengah untuk mendukung Ganjar Pranowo pada pemilihan presiden 2024 mendatang.

Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya peserta yang melakukan aksi dukungan, serta dengan pendataan melalui aplikasi Sahabat Ganjar dan semaraknya aksi deklarasi tersebut.

Selain itu, untuk dukung potensi atlet pemain esports di Kabupaten Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sahabat Ganjar hadir dengan turnamen offline Mobile Legends Minggu ke-10. M. Anshar selaku perwakilan Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Kabupaten Banjarbaru menyambut baik adanya pelaksanaan turnamen dari Sahabat Ganjar ini.

"Sahabat Ganjar yakin disetiap daerah ada bakat-bakat terpendam yang nantinya bisa menjadi atlet esports, karena itulah Sahabat Ganjar menggelar turnamen offline Mobile Legends," ujar M. Anshar.

Turnamen Mobile Legends yang dilaksanakan oleh Saga Esports ini rutin dilangsungkan setiap minggunya, dengan kuota 16 tim per wilayahnya yang memperebutkan total hadiah senilai Rp6 juta. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT