16 May 2022, 20:00 WIB

Ada 86 Titik Panas, BPBPK Kalteng Rutin Lakukan Patroli Pemadaman Karhutla


Surya Siryantoi |

CUACA panas yang terjadi di Indonesia yang diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG), berlangsung hingga 16 Mei membuat beberapa titik panas muncul di sejumlah daerah. Di Kalimantan Tengah, ditemuka 86 titik panas.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng terus melakukan patroli dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi walau saat ini masih dalam skala kecil. 

"Kita terus waspada dan melakukan patroli lahan pada yang berpotensi terbakar. Saat ini memang sudah ada karhutla namun masih skala kecil dan masih bisa tangani," kata Falery Tuwan, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadaman Kebakaran (BPBPK) Kalteng kepada Media Indonesia, Senin (16/5).

Dijelaskan Falery, pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan Polda Kalteng dan Korem 102 Panju Panjung serta BPBD di sejumlah kabupaten/kota untuk terus siaga . 

Baca juga : Status Gunung Merapi Masih Siaga

"Hingga saat ini masih aman tidak ada kebakaran hutan dan lahan yang besar dan kita cukup terbantu dengan hujan yang masih turun walau kemarau tahun ini cukup kering dari tahun kemarin yang kemarau basah," ujarnya. 

Selain itu pihaknya juga meminta partisipasi masyarakat peduli api yang ada di setiap kelurahan dan desa agar mau membantu jika ada kebakaran lahan. 

"Untuk peralatan kami juga sudah siap dan kami akan tetap waspada untuk kemarau tahun ini," tuturnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT