16 May 2022, 17:43 WIB

BMKG Keluarkan Peringatan Karhutla di NTT


Palce Amalo |

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun El Tari Kupang, NTT mengeluarkan peringatan dini ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Peringatan dini itu dikeluarkan terkait datangnya musim kemarau.

Dari peta ancaman karhutla yang diterbitkan BKMG, sejumlah kabupaten masuk dalam zona merah ancaman kebakaran yakni Rote Ndao, Sabu Raijua, Malaka, Kupang, bagian selatan Timor Tengah Selatan, serta pesisir Sumba Timur, dan Sumba Tengah.

"Alang-alang dan dedaunan yang biasanya menutupi lantai hutan dalam kondisi sangat kering dan sangat mudah terbakar," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi, Senin (16/5).

Wilayah lainnya masuk zona kuning kebakaran juga mencakup wilayah sepanjang pantai utara dan timur Kabupaten Sumba Timur, Sumba Tengah dan Sumba Barat, serta wilayah lainnya di Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan dan Timor Tengah Utara.

Masyarakat diminta tidak membuang puntung rokok di dedaunan yang telah mengering atau membakar lahan karena berpotensi menjadi kebakaran besar. Pembukaan kebun dengan sistem tebas dan bakar yang dianut petani juga berpotensi menimbulkan kebakaran. Sementara itu hampir seluruh wilayah NTT sudah memasuki musim kemarau kecuali wilayah selatan Pulau Sumba dan sebagain besar Pulau Flores. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT