16 May 2022, 12:55 WIB

Pemprov dan 15 Kabupaten/Kota di Sulut Raih Opini WTP


Voucke Lontaan |

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) dan 15 Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara (Sulut) meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI atas  Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah (LKPD) tahun anggaran 2021.

Khusus Pemprov Sulawesi Utara predikat seperti ini delapan kali diperoleh berturut sejak tahun anggaran 2013 berturut.

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, di Manado, Senin (16/5), mengatakan, pencapaian WTP tersebut menunjukan  sinergisitas  semua elemen pemerintahan di wilayah Sulut telah bekerja maksimal. Tentu sangat diharpkan predikat ini dapat diraih setiap tahun.

"Hal ini menunjukan kekompakan dan sinergisitas kinerja antar Pemerintah Provinsi dan 15 Pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah Sulawesi Utara. Ditahun sebelumnya hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas LKPD belum seperti sekarang ini, Predikat WTP yang diraih harus dipertahankan terus pada tahun berikutnya, mempertahankan predikat seperti ini tentu tidak mudah kita harus terus bekerja keras sesuai aturan," ujar Olly.

Penyampaian BPK RI atas hasil pemeriksaan LKPD telah disampaikan, Jumat (13/5), di Kantor BPK-RI Perwakilan Sulut. Ke 15 Kabupaten/Kota yang mendapat opini WTP yakni, Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Bolaang Mongondouw, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Minahasa Utara, Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur, Bolaang Mongondouw Selatan, Bolaang Mongondouw Utara, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Sementara itu Kepala BPK RI Perwakilan Sulut Karyadi mengatakan, opini WTP yang diraih bukanlah tujuan akhir. Tapi, dibuktikan prestasi ini dapat bermanfaat serta menjadi indikator menopang kesejahteraan rakyat khususnya di Sulawesi Utara. (OL-13)

Baca Juga: Libur Hari Waisak, Jalur Puncak Bogor Padat Merayap

BERITA TERKAIT