14 May 2022, 19:14 WIB

Libur Panjang, Yogyakarta Kembali Diserbu Wisatawan


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

WISATAWAN kembali memadati Yogyakarta pada libur akhir pekan, yang disambung dengan libur Hari Raya Waisak. 

Hal tersebut ditandai dengan banyaknya penumpang kereta api yang turun di stasiun wilayah Yogyakarta. Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto menyebut penumpang yang turun di Stasiun Yogyakarta pada Jumat (13/5) tercatat 10.240 dan Stasiun Lempuyangan 5.620 orang.

Baca juga: KAI Layani 4,39 Juta Pelanggan Selama Masa Angkutan Lebaran

Mengacu data sementara, penumpang yang turun di Stasiun Yogyakarta pada Sabtu (14/5) mencapai 7.573 orang, lalu di Stasiun Lempuyangan berjumlah 4.942 orang.

Untuk menyambut wisatawan, Pemkot Yogyakarta menggelar Jogja Cross Culture pada Sabtu (14/5) dan Minggu (15/5) di kawasan Teras Malioboro II. Acara puncak digelar pada Minggu (15/5) pukul 19.00 WIB.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan Jogja Cross Culture bukan hanya acara pertunjukan, namun juga upaya mencipta karya. JCC merupakan kolaborasi antarseniman dan juga melibatkan masyarakat.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Keluarga Silaturahmi ke Keraton Yogyakarta

"Jadi, nanti tercipta titik temu seniman punya ruang untuk berkarya dan tampil. Sementara, masyarakat bisa teredukasi terkait perkembangan seni budaya," jelas Heroe.

Adapun Jogja Cross Culture akan menyajikan keragaman seni. Mulai dari klasik hingga kontemporer, yang melibatkan sekitar 5 ribu orang dari berbagai elemen.(OL-11)

BERITA TERKAIT