14 May 2022, 09:19 WIB

Sensus Penduduk Lanjutan Sasar 6.000 Rumah Tangga di Sikka


Gabriel Langga | Nusantara

SENSUS Penduduk 2020 lanjutan dilaksanakan pada Mei hingga Juni 2022. Di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), sensus penduduk menyasar 6.000 rumah tangga sebagai sampel.

Kepala BPS Kabupaten Sikka Matheus Tura Sabon, kepada mediaindonesia.com, Sabtu (14/5)  menuturkan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan tidak menyasar seluruh rumah tangga di Kabupaten Sikka namun mengambil sampel sebanyak 6.000 rumah tangga yang tersebar di 156 desa dan kelurahan di Kabupaten Sikka, namun terdapat 4 desa yang tidak ada sampel rumah tangganya.

Lanjut dia lagi, untuk menyukseskan kegiatan sensus ini, pihaknya mengerahkan 109 petugas sensus. Mereka terdiri  dari 9 orang koordinator sensus kecamatan, 25 koordinator tim, dan 75 pendata lapangan.

Baca juga: Biaya Transportasi Picu Inflasi di Kota Maumere

Untuk itu, kata Matheus, misi besar pelaksanaan sensus penduduk 2020 ini menjadi tolak ukur dan indikator kependudukan Indonesia sehingga dengan pelaksanaan SP2020 ini akan menjadi potret demografi Indonesia setelah melewati gelombang kedua pandemi covid-19.

"Jadi, saya  berharap respon dan kerelaan masyarakat  untuk menyediakan waktunya didata oleh petugas sensus penduduk BPS Sikka yang akan datang dari rumah ke rumah," ujar dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Sikka Romanus Woga mengatakan pelaksanaan long form SP2020 ini membutuhkan keterlibatan aktif semua pihak, terutama aparat pemerintah wilayah administrasi terkecil yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Menurutnya, kunci sukses penyelenggaraan long form SP2020 adalah koordinasi intensif dengan setiap kementerian/lembaga dan organisasi perangkat daerah, serta jajaran pemerintah pusat dan daerah. 

"Jadi  saya menginstruksikan kepada kita semua memberi dukungan dalam kegiatan Long Form SP2020," tutup Wabup Sikka itu. (OL-1) 

BERITA TERKAIT