13 May 2022, 17:47 WIB

Jemaah Calon Haji di Padang Panjang Ikuti Tes Kebugaran


Yose Hendra | Nusantara

JEMAAH Calon Haji (JCH) Kota Padang Panjang ikuti tes kebugaran di Lapangan Bancalaweh. Sub Koordinator Kesehatan Kerja Olahraga Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang Panjang Novriza Yulida yang tergabung dalam tim pemeriksaan kebugaran JCH menyebutkan ada 44 JCH ikuti tes guna mengetahui tingkat kebugaran jasmaninya.

"Kami melakukan tes ini dengan metode rockport. Metodenya, para JCH berjalan atau berlari sejauh 1,6 km atau empat kali keliling lapangan kecil Bancalaweh. Diberikan istirahat 15 menit dan diukur kembali nadinya," kata Novriza, Jumat (13/5).

Sebelum melakukan metode ini, para JCH diperiksa tensi, tekanan darah, pengukuran nadi dan wawancara riwayat sakit. Apabila nanti dokter membolehkan untuk ikut lari, maka diikutsertakan. Apabila tidak, tidak akan ikut.

"Dari sekian banyak JCH, yang ada cuma tujuh orang yang tidak bisa ikut tes karena ada riwayat penyakit. Tapi ini bukan berarti JCH ini tidak berangkat, cuma ada catatan saja nantinya," imbuhnya.

Baca juga: Garuda Indonesia Siapkan 3 Tipe Pesawat Terbangkan Jemaah Haji

Untuk pengukuran kebugaran ini, sebutnya, dilakukan dua kali yaitu enam bulan dan tiga bulan sebelum berangkat. Jadi sembari menunggu kepastian keberangkatan, makanya sekarang diukur kebugaran para JCH ini.

Ditambahkan, tahun kemarin tim juga telah memeriksa kebugaran para JCH.  Namun karena ditunda, makanya hari ini dites lagi. Dari tes kebugaran ini, nanti dapat diketahui bagaimana kondisi semua  JCH Padang Panjang.

Hasilnya, belum bisa disampaikan karena akan diukur melalui tabel pengukuran oleh dr. Yenita Saraswati dan dr. Yenni Asril.

"Semoga hasil dari tes ini, para JCH bisa berangkat dengan kondisi yang bugar," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT