12 May 2022, 20:18 WIB

BPBD Babel Ingatkan Bahaya Karhutla


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

BANGKA Belitung (Babel) merupakan salah satu provinsi yang rawan bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat musim kemarau. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung (Babel) menghimbau masyarakat untuk waspada potensi karhutla.

"Daerah kita ini setiap kemarau selalu ada Lahan yang terbakar, kendati tidak terlalu luas, makanya ini harus di waspadai,"kata Kepala BPBD Bangka Belitung, Mikron Antariksa, Kamis (12/5).

Mikron menyebutkan daerah di Babel yang rawah Karhtla di Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah dan Belitung Timur. "Sebenarnya hampir di seluruh Kabupaten/kota. Tapi yang paling rawan itu di jalan lintas timur Bangka dan Bangka Barat,"ujarnya.

Ia mengingatkan masyarakat agar selalu waspada dan tidak membuka  kebun dengan cara membakar hutan maupun lahan, karena hal itu tidak dibenarkan dan dapat terancam pidana. Selain itu, bagi pengendara yang ingin membuang putung rokok agar di pastikan bara apinya benar-benar padam. Sehingga tidak menimbulkan karhutla. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT