11 May 2022, 21:47 WIB

Besok, TPST Piyungan Kembali Dibuka


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

TEMPAT Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan akan kembali dibuka pada Kamis (12/5) pagi setelah diblokir warga sejak Sabtu (7/5). Tumpukan sampah yang selama ini hanya dianggurkan di TPS mulai besok bisa dibuang ke TPST Piyungan.

Hal tersebut dipastikan usai diskusi bersama warga Kelurahan Sitimulyo, khususnya Dusun Banyakan 1-3 dan Dusun Ngablak dengan Pemda DIY di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Rabu (11/5) siang.

Sekda DI Yogyakarta Kadarmanta Baskara Aji mengatakan saat ini Pemda DIY melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY dan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan serta Energi Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY telah mengupayakan pemadatan sampah di zona A dan B untuk memperpanjang daya tampung.

"Setelah dipadatkan kemarin, bisa turun sekitar 4 meter dan mungkin bisa bertambah daya tampungnya sekitar 1,5 bulan," kata Baskara Aji.

Sesuai dengan aspirasi warga, Baskara Aji mengatakan penyiapan proses lahan transisi setelah Zona A dan Zona B TPST Piyungan penuh dan ditutup juga harus memperhatikan bahaya pencemaran sumber air tanah.

"Jika diperlukan, kiranya bisa ditambah jumlah sumur tanah/bor untuk mencukupi ketersediaan air bagi warga sekitar TPST Piyungan," ucapnya.

Baca juga: Sampah Terbengkalai di Yogyakarta mulai Diangkut ke TPST Piyungan

Ia menegaskan, Pemda DIY mencari yang terbaik untuk masyarakat Sitimulyo maupun DIY secara umum. Pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota khususnya 3 wilayah yang memusatkan pembuangan sampah di TPA Piyungan yakni Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman dan Bantul (Kartamantul).

Lurah Sitimulyo, Juweni, menambahkan, dari hasil forum diskusi serta kesepakatan tersebut, ia bersama warga akan memperbolehkan TPST Piyungan kembali beroperasi. Ia pun berharap, pemerintah daerah dapat terus memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan hidup bagi masyarakat di sekitar TPA Piyungan, Kalurahan Sitimulyo, Bantul.(OL-5)

BERITA TERKAIT