11 May 2022, 19:05 WIB

Jabatan Bupati Muba Segera Berakhir, Gubernur Sumsel Siapkan Penjabat


Dwi Apriani | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Sumsel sudah mengajukan nama-nama yang akan menjadi penjabat Bupati Musi Banyuasin (Muba) ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Masa jabatan bupati/wakil bupati Muba akan berakhir pada 22 Mei mendatang.

Masa jabatan Penjabat Bupati Muba akan berlangsung hingga terpilihnya kepala daerah yang baru dalam Pilkada serentak 2024 mendatang. Artinya, Penjabat di Muba akan diisi selama 2 tahun.

"Masa jabatan di Muba akan habis 22 Mei nanti. Saat ini masih berproses dan akan di isi Pj sesudah 22 Mei nanti," ujar Gubernur Sumsel, Herman Deru, Rabu (11/5).

Ia belum mau menyebut nama-nama yang dimajukan menjadi Pj di Muba. Hanya saja, beberapa nama muncul seperti Rizwan, Kepala Dinas Kominfo Sumsel, Nora, Kepala BKD Sumsel dan Agus Darwa, Kepala Dinas Perkebunan Sumsel. Nama terakhir kabarnya jadi prioritas. "Nama-namanya sudah ada, tapi belum bisa saya kasih tahu," jelasnya.

Saat ditanya inisial pun, Herman Deru masih enggan menjawab. "Namanya sudah ada, tapi belum bisa saya beritahu," tambahnya.

Sementara itu, Sri Sulastri, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Sumsel menambahkan, tahun ini jabatan kepala daerah yang habis masa jabatannya hanya di Muba.

Sedangkan untuk 2023 atau kepala daerah yang dilantik 22 September 2018 lalu, ada di Palembang, Lubuk Linggau, Pagar Alam, Prabumulih, Banyuasin, Muara Enim dan Empat Lawang. Sedangkan pelantikan November 2018 ada Lahat dan OKI pada Januari 2019. Sedangkan daerah lainnya pada 2020 dan 2021. (OL-15)

BERITA TERKAIT