11 May 2022, 16:52 WIB

300 Ribu Liter Minyak Goreng Curah dan 800 Ton Gula Tiba Di Kupang


Palce Amalo | Nusantara

RATUSAN ton minyak goreng curah dan gula pasir kiriman PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III (Persero) dan ID Food tiba di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu (11/5). Minyak goreng tersebut langsung didistribusikan ke pasar seharga Rp14.000 per liter.

Dua bahan kebutuhan itu dikirim dengan kapal tol laut melalui pelabuhan Belawan di Medan, Sumatera Utara sejak 29 April 2022. Minyak goreng produksi PT Industri Nabati Lestari (INL) dan gula produksi PTPN II.

"Ini merupakan pengiriman perdana melalui tol laut dua kebutuhan pokok penting yakni minyak goreng curah dan gula pasir ke  wilayah NTT," kata Dirut ID Food Frans Tambunan.

Dia mengatakan, setelah distribusi minyak goreng dan gula dengan tol  laut ini sukses di NTT, akan dilanjutkan ke daerah lain.

Diana, pedagang sembako di Pasar Tradisional Kasih, Kelurahan Naikoten 1 Kupang mengatakan, minyak goreng curah dan gula mulai membanjiri pasar. "Tadi minyak goreng diangkut mobil tangki, dibagi-bagi ke pedagang," ujarnya.

Minyak goreng dijual oleh distributor ke padagang seharga Rp14.000 per liter. Sedangkan gula dijual seharga Rp15 ribu per kilogram.

Di sisi lain, harga minyak goreng kemasan di pasar tersebut masih  tinggi. Minyak goreng kemasan dua liter dijual seharga Rp53.000 dan kemasan satu liter dijual seharga Rp26 ribu sampai Rp27 ribu. "Pedagang yang menerima minyak goreng, mendaftar mengunakan kartu tanda penduduk, masing-masing mendapat jatah 20 liter," tambahnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT