11 May 2022, 12:10 WIB

Kapolda Kaltara Sidak Tambang Ilegal yang Dibekingi Oknum Polisi


M Reza (MGN), Muklis Efendi (SB) | Nusantara

KAPOLDA Kaltara Irjen Daniel Adityajaya meninjau sejumlah aset yang telah disita dan digunakan dalam kegiatan operasional tambang ilegal di wilayah Sekatak Kabupaten Bulungan.

Tiga unit eskavator, dua unit truk dan sebuah bulldozer, mesin pompa air, bahan kimia dan dokumen operasional usaha diamankan oleh pihak kepolisian guna penyelidikan lebih lanjut.

Daniel mengatakan aset operasional penambangan tersebut diperkirakan bernilai miliaran rupiah. “Sejatinya masyarakat sekitar sudah gerah dengan aktivitas tambang ilegal, mereka enggan melaporkan sejak awal aktivitas ini karena melibatkan oknum polisi oleh karenanya ini menjadi perhatian khusus bagi kami untuk mengungkap keterlibatan pihak lainnya,” ujar Daniel.

Diketahui sebelumnya Ditreskrimsus Polda Kaltara menangkap Briptu Hasbudi beserta pelaku lainnya yang terlibat aktivitas penambangan illegal di Sekatak. Tidak hanya itu, para pelaku juga diduga terlibat bisnis pakaian ilegal dan peredaran narkoba berdasarkan alat bukti dan petunjuk yang ditemukan tim di lapangan. (Mef/A-3)

BERITA TERKAIT