10 May 2022, 13:14 WIB

Lagi, Bangunan di Atas Rawa Gambut Kalsel Ambruk


Denny Susanto |

KASUS ambruknya bangunan di atas rawa gambut kembali terjadi di Kalimantan Selatan. Sebuah rumah di Desa Manarap Tengah, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, ambruk akibat kegagalan konstruksi.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar Sufrianto dalam laporan kebencanaannya, Selasa (10/5), melaporkan, peristiwa ambruknya bangunan rumah warga ini terjadi Minggu (8/5) malam. Tidak ada  korban jiwa dalam peristiwa ini.

Pantauan Media, kasus ambruknya bangunan rumah dan gedung yang dibangun di atas kawasan lahan gambut di Kalsel sudah beberapa kali terjadi. Sebelumnya sebuah bangunan kos-kosan berlantai dua di Kelurahan Kuripan, Kota Banjarmasin, ambruk akibat pondasi bangunan yang amblas hingga satu meter ke dalam tanah.

Baca juga: Dua Korban Ambruknya Minimarket Di Banjar Belum Ditemukan

Diduga ambruknya bangunan ini disebabkan pondasi bangunan yang kurang kuat. Sejumlah bangunan bertingkat (ruko dan perkantoran) di wilayah ini juga dilaporkan dalam kondisi miring dan dikhawatirkan akan membahayakan penghuninya. Paling menghebohkan adalah peristiwa ambruknya bangunan minimarket alfamart berlantai 3 di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, beberapa waktu lalu yang menyebabkan 4 orang tewas dan 10 orang mengalami luka-luka.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor beberapa waktu lalu meminta agar dilakukan evaluasi terhadap konstruksi bangunan yang berada di lahan rawa dan gambut di Kalsel. (OL-5)

BERITA TERKAIT