10 May 2022, 12:03 WIB

Indeks Profesionalitas ASN Temanggung Rendah


Tosiani |

INDEKS Profesionalitas (IP) Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, saat ini masuk dalam kategori rendah, yaitu sebesar 48,39. Pemerintah Daerah (Pemda) setempat berupaya menaikan IP ASN tahun 2022.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Temanggung Umi Lestari Nurjanah mengatakan target IP ASN yang ditetapkan tahun ini mencapai angka 90.

"Seluruh ASN di lingkungan Kabupaten Temanggung harus melakukan update data pada Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG)," kata Umi, Selasa (10/5).

Baca juga:  ASN Kota Bogor Lakukan WFH Sepekan, PTM Ditunda

Menurut dia, dimensi IP ASN ada empat yaitu kualifikasi pendidikan, kompetensi, kinerja, dan disiplin. Namun yang menjadi fokus utama BKPSDM adalah peningkatan kompetensi.

"Yang akan kita push terkait dengan kompetensi," ujarnya.

Sebagian besar ASN, katanya, sudah melakukan berbagai diklat, workshop serta seminar. Akan tetapi kebanyakan mereka belum melakukan update data. Melalui Surat Edaran (SE) Bupati mereka didorong untuk bergerak bersama melakukan update data, meninjau ulang terkait dengan kompetensinya.(OL-5)

BERITA TERKAIT